I. Pilihlah
jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Jusuf Kalla Periksa Pembagian BLT
Wakil
Presiden Jusuf Kalla memeriksa secara langsung pemberian bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor
Pos Rawamangun, Jakarta Timur, 19 November 2014. PSKS
merupakan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah bagi 15,6 juta keluarga
tidak mampu sebagai bentuk kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Masih
banyak warga masyarakat belum paham proses pencairan dana bantuan ini. Akan
tetapi, Jusuf Kalla yakin warga
masyarakat akan segera memahami proses pencairan dana. Warga masyarakat akan
mendapatkan bantuan dari para petugas kantor pos, Pemerintah memberikan bantuan
langsung sebesar Rp.
400.000,00 untuk dua bulan (November-Desember) sebagai kompensasi kenaikan
BBM Rp.
2.000,00 per liter.
1.
Ide
poko paragraf tersebut adalah .…
A.
Pengawasan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di
Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur.
B.
Jusuf Kalla memeriksa pemberian PSKS secara langsung di
Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur.
C.
PSKS sebagai bentuk kompensasi dari kenaikan harga BBM Rp. 2.000,00
per liter.
D.
PSKS diberikan kepada 15,6 juta keluarga tidak mampu
sebesar Rp. 400.000,00
untuk dua bulan (November-Desember).
E. Pemahaman warga
masyarakat tentang proses pencairan dana bantuan pemerintah melalui kantor pos.
2.
Jawaban
yang tepat untuk pertanyaan mengapa Jusuf Kalla yakin warga masyarakat segera memahami
proses pencairan dana bantuan?
Adalah ....
A. Warga
masyarakat bersama Jusuf Kalla mempelajari lanhkah-langkah pencairan dana
bantuan.
B. Jusuf
Kalla terjun langsung membantu warga masyarakat dalam proses pencairan dana
bantuan.
C. Jusuf
Kalla meyakini warga masyarakat Indonesia pintar dan cerdas dalam mempelajari
kebijakan pemerintah.
D.
Pemerintah
member perhatian kepada warga masyarakat yang belum memahami proses pencairan.
E. Petugas
kantor pos akan membantu warga masyarakat memahami proses pencairan dana
bantuan.
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama!
Kandungan gizi susu kambing tidak kalah dengan susu sapi.
Hanya sebagian kecil masyarakat mengonsumsi susu kambing. Kurangnya
minat masyarakat mengonsumsi susu kambing karena ada anggapan bahwa susu
kambing tidak boleh dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Mitos tersebut
tidak benar. Kandungan kalium dalam susu kambing justru berfungsi menstabilkan
tingginya tekanan darah, mengalirkan fungsi kerja jantung, dan menekan risiko terkena
arteriosklerosis.
3.
Simpulan
paragraf tersebut adalah ….
A. Jadi,
kandungan gizi susu kambing lebih baik daripada susu sapi.
B. Jadi,
susu kambing sering dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.
C. Jadi,
susu kambing dapat menstabilkan tingginya kalium dalam darah.
D. Dengan
demikian, susu kambing sangat bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi.
E. Dengan
demikian, adanya mitos mengonsumsi susu kambing tidak benar.
Bacalah Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Kondisi moral remaja Indonesia saat ini sangat
memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai media yang memberikan
kebobrokan moral para remaja tersebut.
Untuk mengatasi hal itu, muncul pemikiran untuk memperkuat pendidikan karakter
bagi remaja yang dapat dilakukan melalui berbagai media termasuk sastra.
Sastra secara etimologis berarti alat untuk mendidik
sehingga bersifat didaktis. Hal ini sesuai dengan fungsi sastra yaitu dulce et utile (nikmat dan bermanfaat).
Sastra sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan karena mengandung amanat dan
nilai moral yang sesuai dengan pendidikan karakter. Banyak karya sastra lama
dan modern yang mengandung pendidikan karakter, seperti kemanusiaan, harga
diri, krisis, kerja keras, dan hemat. Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan,
karya sastra dapat dikatakan sebagai media yang pas untuk menyisipkan
pendidikan karakter bagi anak didik.
4.
Kutipan
informasi tersebut membahas tentang .…
A.
Kondisi
moral remaja Indonesia saat ini sangat memprihatinkan.
B. Pengaruh
media dalam kehidupan remaaj masa kini.
C. Fungsi
sastra sebagai media untuk memperkuat pendidikan karakter bagi remaja.
D. Sastra
mengandung banyak pesan dan nilai moral yang bersifat mendidik.
E. Fungsi
sastra sebagai media yang dapat dinikmati dan bermanfaat.
5.
Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan informasi
tersebut adalah .…
A. Pengajaran
pendidikan karakter melalui karya sastra memang menarik, tetapi kita perlu
memberi pemahaman kepada anak didik bahwa tidak semua peristiwa dalam karya
sastra bisa ditiru.
B. Sastra
memang memiliki peran dalam dunia pendidikan, apalagi untuk memperbaiki moral
para remaja,
C. Semakin
pentingnya sastra dalam dunia pendidikan tidak disertai dengan perbaikan guru
sastra.
D. Sastra
memang menarik, tetapi tidak hanya sastra yang dapat digunakan sebagai media
untuk mengajarkan pendidikan karakter bagi remaja.
E.
Media
televisi merupakan salah satu penyebab hancurnya moral remaja Indonesia.
Kutipan
artikel berikut untuk soal nomor 6 dan 7!
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
(Kemenparekraf) bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan mengembangkan
16 destinasi wisata baru di sejumlah provinsi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi
Kreatif (Menparekraf), Mari Eka Pangestu, mengatakan bahwa Kemenparekraf akan
bekerja sama dengan kementerian lain, pemda, dan stakeholder, untuk mengembangkan 16 destinasi wisata. Sebagian
besar destinasi yang dikembangkan tersebut merupakan wisata minat khusus,
seperti trekking, snorkeling, diving, dan
golf. Mari mengatakan bahwa strategi promosi wisata minat khusus perlu
ditingkatkan karena potensi objek wisata tersebut semakin besar.
6.
Kalimat yang menyatakan persetujuan terhadap isi artikel
tersebut adalah
....
A. Usaha
Kemenparekraf tersebut tidak akan berjalan baik jika pemerintah daerah dan
masyarakat tidak mampu bekerja sama dengan baik.
B. Indonesia
kaya akan destinasi wisata potensial, tetapi pemerintah sepertinya kurang
memedulikan perkembangan destinasi tersebut.
C. Pengembangan
destinasi wisata baru di Indonesia memang perlu digalakkan karena Indonesia
memiliki banyak objek wisata yang belum dikelola dengan baik.
D. Sebaiknya
Kemenparekraf dan pemerintah mementingkan perbaikan infrastruktur di destinasi
wisata andalan Indonesia daripada mengembangkan destinasi wisata baru.
E. Destinasi
wisata minat khusus, seperti trekking,
snorkeling, diving, dan golf hanya diminati masyarakat kelas atas.
7.
Permasalahan
yang dibahas dalam artikel tersebut adalah ….
A.
Kemenparekraf terus berupaya mengembangkan wisata
Indonesia dengan dibantu oleh pemda dan stakeholder.
B.
Kemenparekraf beserta sejumlah pemangku kepentingan
mengembangkan 16 destinasi wisata baru di sejumlah provinsi.
C.
Wisata minat khusus menjadi destinasi andalan yang
dikembangkan oleh Kemenparekraf beserta para pemangku kepentingan.
D.
Strategi promosi wisata minat khusus digalakkan oleh
Kemenparekraf karena destinasi wisata ini sangat berpotensi.
E.
Potensi wisata minat khusus, seperti trekking, snorkeling, diving, dan golf perlu dikembangkan oleh
Kemenparekraf.
8.
Kalimat berikut yang menggunakan frasa adjektiva adalah ….
A. Pemandangan
di Raja Ampat sungguh indah.
B.
Kondisi
objek pariwisata di berbagai daerah semakin memburuk.
C. Permintaan
masyarakat terhadap daging semakin meningkat.
D. Pemerintah
kurang memedulikan kebudayaan nasional.
E. Kekalahan
tim Garuda dari Malaysia terlalu menyakitkan bagi masyarakat Indonesia.
Cermatilah
grafik berikut!
9.
Kalimat yang sesuai dengan isi data pada grafik tersebut
adalah .…
A. Jumlah
pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Januari lebih banyak daripada jumlah
pengunjung pada bulan Februari.
B. Jumlah
pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Maret
lebih sedikit daripada jumlah pengunjung pada bulan Februari.
C. Jumlah
pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan April lebih banyak daripada jumlah
pengunjung pada bulan Mei.
D. Jumlah
pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Mei
lebih sedikit daripada jumlah pengunjung pada bulan Februari.
E. Jumlah
pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Juni sama dengan jumlah pengunjung
pada bulan Juli.
Tabel berikut untuk soal nomor 10 dan 11.
Kandungan Gizi pada Sayuran
|
No.
|
Jenis Sayuran
|
Kalsium (mg)
|
Besi (mg)
|
Vit. A (S.I)
|
|
1
|
Bayam
|
267
|
3,9
|
6.090
|
|
2
|
Daun
katuk
|
204
|
2,7
|
10.370
|
|
3
|
Daun
kelor
|
440
|
7,0
|
11.300
|
|
4
|
Daun
singkong
|
165
|
2,0
|
11.000
|
|
5
|
Sawi
|
220
|
2,9
|
6. 460
|
10. Pernyatan
yang tepat sesuai isi tabel tersebut adalah .…
A. Sayur
bayam memilki kandungan gizi paling sedikit.
B. Kandungan
kalsium tertinggi terdapat pada sayur bayam.
C. Daun
kelor dan daun singkong memiliki kandungan vitamin A sama.
D. Daun
singkong memiliki sedikit kandungan kalsium dan besi.
E.
Bayam
dan sawi termasuk sayuran bervitamin A tertinggi.
11.
Simpulan
yang tepat sesuai isi tabel tersebut adalah ….
A. Bayam
memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan daun kelor.
B. Kandungan
kalsium daun sawi paling sedikit dibandingkan sayuran lain.
C. Sayuran
memiliki kandungan gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh.
D. Pengolahan
sayuran dilakukan dengan baik agar kandungan gizi tidak rusak.
E. Daun
kelor memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin A tertinggi.
Cermati paragraf berikut dengan
saksama!
Jantung
adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung terjadi utamanya
disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Berbagai
macam penyebab …. gejala bisa dirasakan dengan begitu mendadak. Di antaranya
seperti sering pusing, berkeringat dingin, …. sesak napas. Sayangnya masih
banyak warga masyarakat umum menyepelekan gejala tersebut.
12.
Konjungsi
yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.
meski,
sebab
B.
atau,
dan
C.
dan,
karena
D.
tetapi,
karena
E.
atau,
jika.
13.
Berikut
ini yang tidak dapat dijadikan sebagai topik paragraf argumentasi adalah ….
A.
Manfaat
Menabung
B.
Panorama
Telaga Warna Dieng
C.
Pemberantasan
Begal di Jawa Tengah
D.
Penggunaan
Narkoba di Kalangan Siswa SMA
E.
Pemberantasan
Korupsi di Indonesia.
14.
Untuk
menyusun paragraf argumentasi, langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah ….
A.
menentukan
topik
B.
menentukan tujuan
C.
mengumpulkan bahan
D.
menyusun kerangka karangan
E.
menentukan observasi lapangan.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
(1). Instalasi
listrik merupakan bagian penting pada bangunan rumah. (2). Sayangnya,
keberadaan jaringan ini sering diabaikan warga Jakarta. (3). Kondisi material
instalasi listrik yang dipasang bertahun-tahun dapat rusak. (4). Apabila
kondisi tersebut dibiarkan, dapat berakibat fatal, terutama saat banjir melanda
Jakarta. (5). Jika tersentuh aliran listrik, genangan air banjir dapat
membahayakan manusia. (6). Hasil penelitian di Jakarta sangat memprihatinkan,
sekitar 30% instalasi listrik di rumah
warga rusak.
15.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat
nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (6)
C.
(3) dan (5)
D.
(3) dan 6)
E.
(4) dan 6)
16.
Berikut ini bukan merupakan ciri-ciri paragraf persuasi
adalah ….
A.
Paragraf persuasi berusaha membuat pembaca tergerak untuk
melakukan hal yang dikehendaki penulis.
B.
Paragraf persuasi menggunakan fakta atau bukti untuk
memengaruhi atau membujuk pembaca.
C.
Paragraf persuasi menggunakan bahasa yang menarik dan
bersifat sugestif.
D.
Paragraf persuasi berusaha meyakinkan, mendorong,
memengaruhi, membujuk seseorang atau pembaca.
E.
Paragraf persuasi memberikan gambaran tentang suatu benda
atau objek.
Cermati paragraf
berikut dengan saksama!
Sekaten merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh
Indonesia. Sekaten merupakan budaya Keraton surakarta dan Yogyakarta. Upacara
Sekaten dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara …. upacara
ini harus tetap dilestarikan.
17.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah
….
A.
Jika
B.
Sebab
C.
Maka
D.
oleh karena itu
E.
akan tetapi
Cermatilah
paragraf berikut!
(1). Tawa lepas sekitar 500 penonton di Gedung Societet
Yogyakarta, terjadi setelah pelawak Marwoto, Kawer dan Susilo Nogroho (pendiri
Teater Gandrik) menghidupkan suasana panggung. (2). Penonton semakin riuh saat
Yani Sapto Hoedojo, berperan sebagai Nyonya Belanda dari Banyumas, memainkan
perannya. (3). Selain mereka , ada pula pemain ketoprak kawakan, Widayat,
berperan sebagai bupati. (4). Ada juga Sundari, sang istri, yang luwes dan
kenes. (5). Semua pemain dapat memainkan peran dengan mengagumkan.
18.
Kalimat opini dalam paragraf ditunjukkan nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(4) dan (5)
E.
(1) dan (5)
Perhatikan paragraf persuasi berikut!
(1). Penggunaan
pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. (2). Penggunaan pupuk kimia juga dapat memberikan
keuntungan melimpah bagi petani. (3). Namun, dampak negatif ditimbulkan oleh
pupuk kimia sangat berbahaya karena dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap
lingkungan. (4). Selain itu, penggunaan pupuk kimia juga dapat mengakibatkan
buah yang dihasilkan terkontaminasi oleh pupuk kimia. (5). Oleh sebab itu,
beralihlah ke pupuk kompos dengan harga terjangkau dan aman bagi hasil panen.
19.
Kalimat imbauan terdapat pada nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Perhatikan kutipan wawancara di
bawah ini!
Penanya : “Siswa yang tidak lulus karena faktor apa?”
Narasumber : “Kebanyakan yang tidak lulus itu satu mata pelajaran karena
nilainya di bawah empat, misalnya Bahasa Indonesia. Ini merupakan bahan
perenungan juga di kementerian. Kita tahu apakah nilai Bahasa Indonesia bagus
atau tidak ya dari ujian ini. Jadi, jangan sampai seperti seseorang yang karena
takut sakitnya, tidak usah ke dokter, tidak usah ke laboratorium, kan tidak
betul juga. Tahu-tahu sudah parah. Apakah gara-gara tidak lulus 10 persen
lantas salah ujiannya? Kalau memang kemampuannya segitu, terus mau diapain?
Yang penting alat ukurnya sama, jangan di sini dimodifikasi plus minus 5
persen, di sana plus minus 10 persen sehingga tidak standar. Ya sudahlah kalau
memang faktanya begitu, ya sudah.”
20.
Informasi
yang dapat diambil dari hasil wawancara tersebut adalah .…
A.
Faktor
ketidaklulusan siswa
B.
Kesamaan
alat ukur penentu kelulusan.
C.
Nilai
Bahasa Indonesia di bawah empat menyebabkan siswa tidak lulus.
D.
Nilai
di bawah empat menjadi bahan perenungan di kementerian.
E.
Salah
satu nilai pelajaran di bawah empat menyebabkan sisswa tidak lulus.
Perhatikan kutipan wawancara di
bawah ini!
Ana : “Menurut Anda, bagaimana tingkat kelulusan UN
tahun 2014?”
Nana : “Angka kelulusan UN pada tahun 2014 sangat
memprihatinkan. Tahun ini banyak siswa yang tidak lulus UN.”
Ana : “Meningkatnya ketidaklulusan UN disebut karena
palaksanaannya lebih jujur. Bagaimana pendapat ANda, Pak?”
Nana : “Kejujuran itu ada dalam diri masing-masing.
Pemerintah sudah membuat koridor agar semua berlaku jujur. Meskipun tidak
menjamin dalam praktiknya jujur, tetapi kita harapkan semua memandang kejujuran
sebagai pondasi dan bangunannya adalah prestasi.”
Ana : “Bagaimana dengan nasib siswa yang tidak lulus
UN?”
Nana : “Mereka bisa mengikuti ujuan ulang. Kalau
masih tidak lulus mereka masih bisa mengikuti program kesetaraan paket C.”
Ana : “……………..
Nana : ”Tidak lulus UN jangan sampai membuat kalian
patah semangat. Kesempatan masih sangat terbuka untuk semua siswa. Jadikan,
ketidaklulusan itu sebagai penyemangat dan pemacu untuk lebih giat belajar.”
21.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog wawancara yang rumpang di atas adalah .…
A.
Faktor
apa yang menyebabkan siswa tidak lulus UN?
B.
Apa
nasihat Anda kepada siswa yang tidak
lulus UN?
C.
Mengapa
mereka tidak lulus UN?
D.
Bagaimana
nasib siswa yang tidak lulus?
E.
Mengapa
banyak siswa yang putus asa dalam UN?
Perhatikan kutipan wawancara di
bawah ini untuk nomor 22 dan 23!
Penanya : “Bagaimana Bapak
memandang potret dunia pendidikan (sistem, kurikulum, ataupun
fasilitas/perangkat) di Indonesia dewasa ini?”
Narasumber : “Pendidikan di Indonesia
masih bersifat guru dan materi oriented, belum mendorong pesertta didik untuk
menguasai ilmu dan mengembangkannya. Memang sudah ada upaya untuk menempatkan
kurikulum sebagai bahan mentah pendidikan. Namun, untuk saat ini guru dan
pengelola pendidikan belum mampu menjadikan kurikulum sebagai bahan jadi yang
tidak membuat peserta didik tumbuh menjadi kreatif. Mereka tidak mampu
memecahkan persoalan yang dihadapi kecuali mengulang atau meniru apa yang
pernah dipelajari dari guru mereka. Hal itu menjadi lebih buruk lagi ketika
fasilitas dan perangkat pendidikan (lunak atau keras) sangat tidak mendukung
bagi pengembangan daya kreatif peserta didik dan guru sendiri.”
Penanya : ”Dari pengalaman
Bapak sejauh ini, apa tantangan terbesar yang dihadapai dunia pendidikan di
Indonesia pada era globalisasi dunia sekarang?”
Narasumber : ”Persoalan besar dalam
dunia pendidikan di Indonesia ialah pemahaman terhadap pendidikan yang dikuasi
guru dan pengelola pendidikan hanya sekedar kepada peserta didik, bukan sebagai
instrument penegembangan daya kreatif generasi baru dalam menghadapi problemnya
sendiri.”
22.
Pendapat
narasumber yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut adalah .…
A.
Pendidikan
merupakan pengalihan ilmu dari guru kepada peserta didik.
B.
Pendidikan
di Indonesia belum mampu mengarahkan peserta didik untuk kreatif.
C.
Pegelola
pendidikan hendaknya memperhatikan perkembangan peserta didik.
D.
Ketidakmampuan
guru mengelola kurikulum dengan baik menjadi factor utama kegagalan peserta
didik menerima bahan ajar secara baik.
E.
Peserta
didik hendaknya mengembangkan sendiri materi ajar yang diberikan oleh guru.
23.
Topik
yang tepat dalam kutipan wawancara di atas adalah .…
A.
Ketertinggalan
pendidikan di Indonesia dan hambatan pelaksanaan kurikulum.
B.
Gambaran
dunia pendidikan Indonesia dan hambatan pelaksanaan kurikulum.
C.
Kesulitan
guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik dan ketertinggalan
pendidikan di Indonesia.
D.
Gambaran
dunia pendidikan Indonesia dan tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan
di Indonesia.
E.
Kesulitan
peserta didik menerima bahan ajar yang disampaikan guru dan potret dunia
pendidikan Indonesia.
24.
Pernyataan
di bawah ini yang merupakan bagian pembuka teks pidato adalah .…
A.
Pertama-tama
marilah kita mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia-Nya kita dapat berkumpul di ruangan
ini dalam keadaan sehat walafiat.
B.
Saya
berterima kasih kepada hadirin yang telah memenuhi undangan kami untuk berkumpul pada acara ini.
C.
Pertemuan
pada siang hari ini bertujuan agar kita peka terhadap krisis budaya yang sedang
terjadi di Indonesia.
D.
Melalui
kegiatan ini marilah kita selesaikan bersama permasalahan narkoba demi kemajuan
bangsa.
E.
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera.
Perhatikan
paragraf berikut!
Kebudayaan merupakan
identitas dari sebuah bangsa. Budaya merupakan tonggak sejarah untuk kebesaran
sebuah bangsa. Bangsa yang besar dan bermartabat adalah bangsa yang dapat
menghargai sejarah bangsanya sendiri, termasuk kebudayaannya. Oleh karena itu,
sebagai bangsa yang besar sudah seharusnya kita menghargai, mencintai, dan
menjaga budaya bangsa agar tidak luntur. Dengan kebudayaan itulah, kita dapat
dikenal oleh bangsa lain. Budaya Indonesia yang adiluhung merupakan citra
positif bagi manusia Indonesia untuk berkancah di dunia internasional.
25.
Topik
kutipan pidato tersebut adalah ....
A.
Fungsi
budaya dalam kehidupan sehari-hari
B.
Tujuan
sebuah bangsa
C.
Keunggulan
budaya Indonesia
D.
Kondisi
kebudayaan di Indonesia
E.
Manfaat
menjaga kebudayaan Indonesia
Perhatikan kutipan pidato
berikut!
Tidak
hanya menjadi kebanggaan masyarakat Jawa, gamelan juga menjadi kebanggaan
masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, marilah kita menjaga warisan budaya
tersebut agar tetap ada di bumi nusantara ini. Dalam kegiatan ini, peserta akan
dilatih dasar-dasar memainkan gamelan beserta sejarah dan filosofi yang
terdapat dalam alat musik tradisional ini.
26.
Kutipan
pidato tersebut bertujuan untuk ....
A.
Menjelaskan
kepada pendengar bahwa gamelan merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia.
B.
Mengajak
pendengar melestarikan warisan budaya tradisional, yakni gamelan.
C.
Menyuruh
pendengar untuk memainkan musik tradisional gamelan.
D.
Menasihati
pendengar agar menyukai musik tradisional gamelan.
E.
Menginformasikan
kepada pendengar bahwa gamelan merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia.
Perhatikan
kutipan cerita rakyat berikut untuk soal nomor 27 dan 28!
Ada sebuah negeri yang
dipimpin oleh seorang raja yang sombong. Suatu hari raja tersebut sedang merayakan pesta di
singgasananya yang megah. Saat pesta berlangsung muncullah seorang pengemis
yang meminta makan kepada sang raja. Namun, sang raja justru menghardik
pengemis itu. Pengemis itu pun mengutuk raja tersebut karena sangat geram
Beberapa masa telah
berlalu sejak peristiwa itu. Kini sang raja menderita penyakit yang sangat
aneh. Tubuh sang raja tidak bisa digerakkan, seluruh tubuhnya menjadi kaku, dan
wajahnya sangat pusat. Semua tabib telah didatangkan dari seluruh penjuru
negeri, tetapi tidak ada seorang pun yang dapat menyembuhkan penyakit raja.
Tabib-tabib tersebut mengatakan bahwa penyakit yang menyerang sang raja adalah
penyakit yang aneh dan belum pernah mereka jumpai sebelumnya.
27.
Hal
menarik dalam cerita rakyat tersebut adalah ....
A.
Seorang
raja mengadakan pesta di istananya.
B.
Ada
penegmis yang meminta nasi di tengah pesta sang raja.
C.
Raja
menghardik pengemis yang meminta-minta di tengah pestanya.
D.
Tabib
mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat penyakit aneh yang diderita sang raja.
E.
Raja
tiba-tiba menderita penyakit aneh setelah dikutuk pengemis.
28.
Nilai
moral dalam kutipan cerita rakyat tersebut ditunjukkan oleh pernyataan ....
A. Mengemis adalah pekerjaan
yang tidak mulia.
B.
Sikap
sombong tidak akan disukai oleh orang lain sehingga dapat menimbulkan kerugian.
C.
Manusia
tidak boleh berfoya-foya meskipun memiliki banyak harta.
D. Seorang dokter atau tabib
harus mampu menyembuhkan penyakit raja.
E.
Manusai
tidak boleh menghambur-hamburkan harta mereka untuk hal-hal yang tidak berguna
Perhatikan
kutipan cerita rakyat berikut!
…
Karena sangat sayang
kepada Lele Alai, Kumang tidak ingin abu Lele Alai terbuang sia-sia. Ia
mengoleskan abu tersebut ke wajahnya sebagai bedak. Sekali lagi, sebuah
keajaiban terjadi. Wajah Kumang menjadi bercahaya dan cantik jelita.
Tengkok Dadak yang
melihat keajaiban tersebut, langsung merebut abu ikan Lele Alai dari tangan
Kumang.
“Sini! Berikan kepadaku!”
katanya. Tengkok Dadak segera mengoleskan abu tersebut ke seluruh wajah dan
lehernya. Dengan segera wajah, leher, dan tengkuk Tengkok Dadak bercahaya.
“Aku menjadi cantik.
Seluruh wajahku bercahaya!” teriak Tengkok Dadak girang. “Pasti tengkukku juga
demikian!
”Sambil berkata demikian,
Tengkok Dadak memutar kepalanya karena ingin melihat tengkuknya yang bercahaya.
Krak!! Ketika menoleh, terdengar suara leher Tengkok Dadak patah.
29.
Watak
Tengkok Dadak yang pendengki dibuktikan dengan pernyataan ....
A.
Tengkok
Dadak dengan terburu-buru mengoleskan abu Lele Alai ke wajah dan lehernya
B.
Tengkok
Dadak merebut abu Lele Alai setelah ia mengetahui bahwa wajah Kumang menjadi
bercahaya berkat abu tersebut.
C.
Tengkok
Dadak berteriak kegirangan saat mengetahui seluruh wajah dan lehernya bercahaya
karena abu Lele Alai.
D.
Setelah
melihat wajah dan lehernya bercahaya, Tengkok Dadak ingin melihat tengkuknya
yang juga bercahaya.
E.
Ketika
ingin melihat tengkuknya, terdengar suara tulang leher Tengkok Dadak patah.
Perhatikan
paragraf berikut!
Di antara berbagai-bagai jenis bintang yang di bawah perintah
raja singa itu ada dua ekor serigala yang amat bijaksana, seekor bernama
Kalilah dan yang seekor lagi Dimnah. Karena melihat raja tiada pernah
keluar-keluar lagi, maka pada suatu hari berkatalah Dimnah kepada Kalilah,”Hai
saudaraku, tahukah engkau apa sebabnya, maka raja kita kelihatan berduka cita
tidak keluar-keluar dari tempat seperti sehari-hari?”
“Apa gunanya engkau
tanyakan hal itu?” jawab Kalilah. “Kita hamba rakyat wajib atas`kita berusaha
menyenangkan hati raja, dan menjauhkan segala yang akan menyusahkan kepadanya.
Bukan kita orangnya yang patut mencampuri hal raja dan memperkatakannya. Sebab
itu, janganlah engkau menanyakan hal itu juga. Ketahuilah, orang senang
mencampuri urusan yang bukan urusannya sendiri, serupa halnya dengan kera yang
mencampuri pekerjaan tukang kayu.”
30.
Hal
yang dapat diteladani dari tokoh dalam cerita rakyat tersebut adalah ....
A. Melarang Dimnah
mengganggu raja mereka yang berduka.
B.
Mengingatkan
agar menghibur orang yang sedang berduka.
C.
Mengingatkan
Dimnah agar tidak mencampuri urusan raja.
D. Melakukan pekerjaan
sesuai dengan tugas dan wewenangnya.
E.
Menyenangkan
hati penguasa atau raja mereka.
Penggalan
cerita di bawah ini untuk soal nomor 31, 32 dan 33.
Dahulu kala, di
tengah-tengah hutan, tinggallah sepasang suami-istri. Mereka adalah Abo
Mamongkuroit dan istrinya, putri Monondeaga. Mereka hidup berbahagia karena
saling mencinta dan menyayangi.
Suatu ketika, Abo
memutuskan untuk merantau, mencari nafkah agar kehidupan mereka menjadi lebih
baik. Abo lalu meminta izin kepada istrinya dan istrinya pun merelakan Abo
pergi merantau.
“Tetapi, Kanda, jangan
terlalu lama. Aku takut hidup sendiri,” pinta Monondeaga. “Jangan khawatir,
Dinda. Setelah cukup harta yang kuperoleh, aku
akan segera kembali.”
31.
Latar
penggalan cerita tersebut adalah ...
A. Waktu dan tempat
B. Waktu dan suasana
C. Suasana dan waktu
D. Tempat dan suasana
E. Tempat dan tempat
32.
Unsur
intrinsik yang menonjol dalam penggalan
cerita di atas adalah ...
A. tema
B.
alur
C.
latar
D. tokoh
E.
amanat
33.
Amanat
dalam penggalan cerita di atas adalah ....
A. sepasang suami istri
harus saling saling mencinta dan menyayangi
B.
sepasang
suami istri hendaknya hidup berbahagia
C.
seorang
suami harus meminta izin kepada istrinya apabila hendak bepergian
D. seorang suami hendaknya
tidak pergi terlalu lama
E.
seorang
istri hendaknya selalu patuh kepada suami
Perhatikan
puisi berikut!
Derai-derai angin pagi
derai hati memandang padi
mengalun hijau lautan
tersungging senyum perawan
....
34.
Indera
yang dominan digunakan dalam puisi di atas adalah ...
A.
pendengaran
B.
perasa
C.
penciuman
D.
penglihata
E. peraba
Perhatikan puisi berikut!
Sebuah
truk laskar menderu
masuk
kota Salatiga
mereka
menyanyikan lagu
sudah
bebas negeri kita
35.
Indera
yang dominan digunakan dalam puisi di atas adalah ....
A. pendengaran
B. perasa
C. penciuman
D. penglihata
E. peraba
Perhatikan
puisi berikut untuk soal no 36, 37 dan 38!
Ombak
memecah di tepi pantai
angin
berhembus lemah lembut
puncak
kelapa melambai-lambai
di
ruang angkasa awan bergelut
36.
Puisi
di atas menggunakan majas ....
A. hiperbola
B. personifikasi
C. repetisi
D. tautologi
E. metafora
37.
Tema
puisi di atas adalah ....
A.
keindahan
alam
B.
keindahan
pantai
C.
pemandangan
alam
D.
suasana
pantai
E.
keindahan
laut
38.
Puisi
di atas berhubungan dengan realitas ....
A.
Alam
B.
Budaya
C.
Sosial
D.
Ekonomi
E.
lingkungan
Perhatikan
puisi berikut untuk soal no 39 dan 40!
Sajak Ibunda
Dengan
latar belakang gubuk-gubuk karton,
aku
terkenang akan wajahmu.
di atas deru kemiskinan,
aku berdiri menghadapmu.
usaplah
wajahku, Widuri.
mimpi
remajaku gugur
di
atas padang pengangguran.
Ciliwung
keruh, wajah-wajah nelayan keruh,
lalu
muncullah rambutmu yang berkibaran
kemiskinan
dan kelaparan,
membangkitkan
keangkuhanku .
wajah
indah dan rambutmu
menjadi
pelangi di cakrawalaku
W.S. Rendra
39.
Isi
puisi di atas adalah ....
A. kehidupan rakyat yang
jauh dari kecukupan
B.
seorang
ibu yang bersedih karena anaknya miskin
C.
seorang
anak meninggalkan ibunya yang menderita
D. kehidupan seseorang yang
penuh dengan keraguan
E.
keangkuhan
seseorang karena keberhasilannya
40.
Makna
lambang kata keruh dalam puisi
tersebut adalah ....
A. kecewa
B.
sedh
C.
kesepian
D. keputus asaan
E.
penderitaan
II.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Cermatilah
paragraf berikut!
Kapolsek Dolok, Pardamean Andar Siahaan, dikeroyok massa.
Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman diserbu gerombolan bersenjata.
Empat tahanan dieksekusi. Inilah sebagian potret negeri kita. Kita miris
melihat realitas kekerasan yang seakan sudah menjadi sesuatu yang normal di
tengah ketidaknormalan kehidupan kita sehari-hari. Premanisme merajalela dan
menyebarkan efek ketakutan. Rentetan kekerasan itu sebenarnya mengirimkan pesan
keras bahwa Indonesia memasuki era bahaya! Hukum tidak lagi dihormati dan
kekuatan lah
yang menggantikan hukum dan sistem hukum itu sendiri.
Dari paragraf tersebut
tulislah :
a. Tiga
kalimat fakta yang terdapat pada teks tersebut!
b. Tiga
kalimat opini yang terdapat pada teks tersebut!
2. Susunlah
sebuah paragraf persuasif dengan tema “Udara Pagi Menyehatkan Tubuh”!
3. Susunlah
kalimat pembuka pidato dengan tema “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi
Generasi Muda”!
4. Di suatu pagi yang cerah
ada seorang warga yang akan membeli gas melon kea gen penjualan gas, ternyata
harga gas melon mencapai Rp. 20.000,00. Warga tersebut kesal karena harga gas
dari hari ke hari semakin meroket, dia berencana akan menanyakan kenaikan harga
gas melon ini ke Pertamina.
Buatlah daftar pertanyaan (minimal lima) yang akan digunakan dalam wawancara tersebut!
5. Bacalah puisi berikut!
SEORANG TUKANG RAMBUTAN PADA
ISTRINYA
Tadi siang ada yang mati
Dan yang mengantar banyak sekali
Ya, mahasiswa-mahasiswa itu,
anak-anak sekolah
Yang dulu berteriak: dua ratus,
dua ratus!
Samapai bensin turun harganya
Sampai kita bisa naik bis pasar
murah pula
Mereka kehausan dalam kepanasan
bukan main
Terbakar mukanya di atas bak truk
terbuka
Saya lemparkan sepuluh ikat
rambutan kita, bu
Biarlah sepuluh ikat saja
Memang sudah rezeki mereka
Mereka berteriak kegirangan dan
berebutan
Seperti anak kecil
Dan menyoraki saya. Betul Bu,
menyoraki saya
“Hidup tukang rambutan, hidup
tukang rambutan!”
(Taufik Ismail)
Tentukan
relevansi isi puisi dengan kehidupan sekarang!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar