"" SELAMAT DATANG ""

Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca

Kamis, 05 Mei 2016

LATIHAN SOAL UKK KELAS X



I.     Pilihlah jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang tersedia!




Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

Jusuf Kalla Periksa Pembagian BLT
Wakil Presiden Jusuf Kalla memeriksa secara langsung pemberian bantuan Program  Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur, 19 November 2014. PSKS merupakan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah bagi 15,6 juta keluarga tidak mampu sebagai bentuk kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). Masih banyak warga masyarakat belum paham proses pencairan dana bantuan ini. Akan tetapi,  Jusuf Kalla yakin warga masyarakat akan segera memahami proses pencairan dana. Warga masyarakat akan mendapatkan bantuan dari para petugas kantor pos, Pemerintah memberikan bantuan langsung sebesar Rp. 400.000,00 untuk dua bulan (November-Desember) sebagai kompensasi kenaikan BBM Rp. 2.000,00 per liter.

1.        Ide poko paragraf tersebut adalah .…
A.  Pengawasan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur.
B.  Jusuf Kalla memeriksa pemberian PSKS secara langsung di Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur.
C.  PSKS sebagai bentuk kompensasi dari kenaikan harga BBM Rp. 2.000,00 per liter.
D.  PSKS diberikan kepada 15,6 juta keluarga tidak mampu sebesar Rp. 400.000,00 untuk dua bulan (November-Desember).
E.  Pemahaman warga masyarakat tentang proses pencairan dana bantuan pemerintah melalui kantor pos.

2.        Jawaban yang tepat untuk pertanyaan mengapa Jusuf Kalla yakin warga masyarakat segera memahami proses pencairan dana bantuan? Adalah ....
A.  Warga masyarakat bersama Jusuf Kalla mempelajari lanhkah-langkah pencairan dana bantuan.
B.   Jusuf Kalla terjun langsung membantu warga masyarakat dalam proses pencairan dana bantuan.
C.   Jusuf Kalla meyakini warga masyarakat Indonesia pintar dan cerdas dalam mempelajari kebijakan pemerintah.
D.  Pemerintah member perhatian kepada warga masyarakat yang belum memahami proses pencairan.
E.   Petugas kantor pos akan membantu warga masyarakat memahami proses pencairan dana bantuan.

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kandungan gizi susu kambing tidak kalah dengan susu sapi. Hanya sebagian kecil masyarakat mengonsumsi susu kambing. Kurangnya minat masyarakat mengonsumsi susu kambing karena ada anggapan bahwa susu kambing tidak boleh dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Mitos tersebut tidak benar. Kandungan kalium dalam susu kambing justru berfungsi menstabilkan tingginya tekanan darah, mengalirkan fungsi kerja jantung, dan menekan risiko terkena arteriosklerosis.
3.        Simpulan paragraf tersebut adalah ….
A.  Jadi, kandungan gizi susu kambing lebih baik daripada susu sapi.
B.   Jadi, susu kambing sering dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.
C.   Jadi, susu kambing dapat menstabilkan tingginya kalium dalam darah.
D.  Dengan demikian, susu kambing sangat bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi.
E.   Dengan demikian, adanya mitos mengonsumsi susu kambing tidak benar.

Bacalah Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Kondisi moral remaja Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai media yang memberikan kebobrokan  moral para remaja tersebut. Untuk mengatasi hal itu, muncul pemikiran untuk memperkuat pendidikan karakter bagi remaja yang dapat dilakukan melalui berbagai media termasuk sastra.
Sastra secara etimologis berarti alat untuk mendidik sehingga bersifat didaktis. Hal ini sesuai dengan fungsi sastra yaitu dulce et utile (nikmat dan bermanfaat). Sastra sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan karena mengandung amanat dan nilai moral yang sesuai dengan pendidikan karakter. Banyak karya sastra lama dan modern yang mengandung pendidikan karakter, seperti kemanusiaan, harga diri, krisis, kerja keras, dan hemat. Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan, karya sastra dapat dikatakan sebagai media yang pas untuk menyisipkan pendidikan karakter bagi anak didik.
4.        Kutipan informasi tersebut membahas tentang .…
A.  Kondisi moral remaja Indonesia saat ini sangat memprihatinkan.
B.   Pengaruh media dalam kehidupan remaaj masa kini.
C.   Fungsi sastra sebagai media untuk memperkuat pendidikan karakter bagi remaja.
D.  Sastra mengandung banyak pesan dan nilai moral yang bersifat mendidik.
E.   Fungsi sastra sebagai media yang dapat dinikmati dan bermanfaat.

5.        Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan informasi tersebut adalah .
A.  Pengajaran pendidikan karakter melalui karya sastra memang menarik, tetapi kita perlu memberi pemahaman kepada anak didik bahwa tidak semua peristiwa dalam karya sastra bisa ditiru.
B.   Sastra memang memiliki peran dalam dunia pendidikan, apalagi untuk memperbaiki moral para remaja,
C.   Semakin pentingnya sastra dalam dunia pendidikan tidak disertai dengan perbaikan guru sastra.
D.  Sastra memang menarik, tetapi tidak hanya sastra yang dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkan pendidikan karakter bagi remaja.
E.   Media televisi merupakan salah satu penyebab hancurnya moral remaja Indonesia.

Kutipan artikel berikut untuk soal nomor 6 dan 7!
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan mengembangkan 16 destinasi wisata baru di sejumlah provinsi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Eka Pangestu, mengatakan bahwa Kemenparekraf akan bekerja sama dengan kementerian lain, pemda, dan stakeholder, untuk mengembangkan 16 destinasi wisata. Sebagian besar destinasi yang dikembangkan tersebut merupakan wisata minat khusus, seperti trekking, snorkeling, diving, dan golf. Mari mengatakan bahwa strategi promosi wisata minat khusus perlu ditingkatkan karena potensi objek wisata tersebut semakin besar.
6.        Kalimat yang menyatakan persetujuan terhadap isi artikel tersebut adalah ....
A.  Usaha Kemenparekraf tersebut tidak akan berjalan baik jika pemerintah daerah dan masyarakat tidak mampu bekerja sama dengan baik.
B.   Indonesia kaya akan destinasi wisata potensial, tetapi pemerintah sepertinya kurang memedulikan perkembangan destinasi tersebut.
C.   Pengembangan destinasi wisata baru di Indonesia memang perlu digalakkan karena Indonesia memiliki banyak objek wisata yang belum dikelola dengan baik.
D.  Sebaiknya Kemenparekraf dan pemerintah mementingkan perbaikan infrastruktur di destinasi wisata andalan Indonesia daripada mengembangkan destinasi wisata baru.
E.   Destinasi wisata minat khusus, seperti trekking, snorkeling, diving, dan golf hanya diminati masyarakat kelas atas.

7.        Permasalahan yang dibahas dalam artikel tersebut adalah ….
A.  Kemenparekraf terus berupaya mengembangkan wisata Indonesia dengan dibantu oleh pemda dan stakeholder.
B.  Kemenparekraf beserta sejumlah pemangku kepentingan mengembangkan 16 destinasi wisata baru di sejumlah provinsi.
C.  Wisata minat khusus menjadi destinasi andalan yang dikembangkan oleh Kemenparekraf beserta para pemangku kepentingan.
D.  Strategi promosi wisata minat khusus digalakkan oleh Kemenparekraf karena destinasi wisata ini sangat berpotensi.
E.  Potensi wisata minat khusus, seperti trekking, snorkeling, diving, dan golf perlu dikembangkan oleh Kemenparekraf.

8.        Kalimat berikut yang menggunakan frasa adjektiva adalah ….
A.  Pemandangan di Raja Ampat sungguh indah.
B.   Kondisi objek pariwisata di berbagai daerah semakin memburuk.
C.   Permintaan masyarakat terhadap daging semakin meningkat.
D.  Pemerintah kurang memedulikan kebudayaan nasional.
E.   Kekalahan tim Garuda dari Malaysia terlalu menyakitkan bagi masyarakat Indonesia.







Cermatilah grafik berikut!





9.        Kalimat yang sesuai dengan isi data pada grafik tersebut adalah .
A.  Jumlah pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Januari lebih banyak daripada jumlah pengunjung pada bulan Februari.
B.   Jumlah pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Maret  lebih sedikit daripada jumlah pengunjung pada bulan Februari.
C.   Jumlah pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan April lebih banyak daripada jumlah pengunjung pada bulan Mei.
D.  Jumlah pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Mei  lebih sedikit daripada jumlah pengunjung pada bulan Februari.
E.   Jumlah pengunjung Taman Bacaan Ceria pada bulan Juni sama dengan jumlah pengunjung pada bulan Juli.
               
Tabel berikut untuk soal nomor 10 dan 11.

Kandungan Gizi pada Sayuran

No.
Jenis Sayuran
Kalsium (mg)
Besi (mg)
Vit. A (S.I)
1
Bayam
267
3,9
6.090
2
Daun katuk
204
2,7
10.370
3
Daun kelor
440
7,0
11.300
4
Daun singkong
165
2,0
11.000
5
Sawi
220
2,9
6. 460

10.    Pernyatan yang tepat sesuai isi tabel tersebut adalah .
A.  Sayur bayam memilki kandungan gizi paling sedikit.
B.   Kandungan kalsium tertinggi terdapat pada sayur bayam.
C.   Daun kelor dan daun singkong memiliki kandungan vitamin A sama.
D.  Daun singkong memiliki sedikit kandungan kalsium dan besi.
E.   Bayam dan sawi termasuk sayuran bervitamin A tertinggi.

11.    Simpulan yang tepat sesuai isi tabel tersebut adalah ….
A.  Bayam memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan daun kelor.
B.   Kandungan kalsium daun sawi paling sedikit dibandingkan sayuran lain.
C.   Sayuran memiliki kandungan gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh.
D.  Pengolahan sayuran dilakukan dengan baik agar kandungan gizi tidak rusak.
E.   Daun kelor memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin A tertinggi.

Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung terjadi utamanya disebabkan oleh kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Berbagai macam penyebab …. gejala bisa dirasakan dengan begitu mendadak. Di antaranya seperti sering pusing, berkeringat dingin, …. sesak napas. Sayangnya masih banyak warga masyarakat umum menyepelekan gejala tersebut.
12.    Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.          meski, sebab
B.           atau, dan
C.           dan, karena
D.          tetapi, karena
E.           atau, jika.

13.    Berikut ini yang tidak dapat dijadikan sebagai topik paragraf argumentasi adalah ….
A.     Manfaat Menabung
B.     Panorama Telaga Warna Dieng
C.     Pemberantasan Begal di Jawa Tengah
D.  Penggunaan Narkoba di Kalangan Siswa SMA
E.      Pemberantasan Korupsi di Indonesia.

14.    Untuk menyusun paragraf argumentasi, langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah ….
A.     menentukan topik
B.     menentukan tujuan
C.     mengumpulkan bahan
D.     menyusun kerangka karangan
E.      menentukan observasi lapangan.

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1). Instalasi listrik merupakan bagian penting pada bangunan rumah. (2). Sayangnya, keberadaan jaringan ini sering diabaikan warga Jakarta. (3). Kondisi material instalasi listrik yang dipasang bertahun-tahun dapat rusak. (4). Apabila kondisi tersebut dibiarkan, dapat berakibat fatal, terutama saat banjir melanda Jakarta. (5). Jika tersentuh aliran listrik, genangan air banjir dapat membahayakan manusia. (6). Hasil penelitian di Jakarta sangat memprihatinkan, sekitar 30% instalasi  listrik di rumah warga rusak.
15.    Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A.     (1) dan (2)
B.     (1) dan (6)
C.     (3) dan (5)
D.     (3) dan 6)
E.      (4) dan 6)

16.    Berikut ini bukan merupakan ciri-ciri paragraf persuasi adalah ….
A.  Paragraf persuasi berusaha membuat pembaca tergerak untuk melakukan hal yang dikehendaki penulis.
B.   Paragraf persuasi menggunakan fakta atau bukti untuk memengaruhi atau membujuk pembaca.
C.   Paragraf persuasi menggunakan bahasa yang menarik dan bersifat sugestif.
D.  Paragraf persuasi berusaha meyakinkan, mendorong, memengaruhi, membujuk seseorang atau pembaca.
E.   Paragraf persuasi memberikan gambaran tentang suatu benda atau objek.

Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Sekaten merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Sekaten merupakan budaya Keraton surakarta dan Yogyakarta. Upacara Sekaten dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara …. upacara ini harus tetap dilestarikan.
17.    Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.     Jika
B.     Sebab
C.     Maka
D.     oleh karena itu
E.      akan tetapi


Cermatilah paragraf berikut!
(1). Tawa lepas sekitar 500 penonton di Gedung Societet Yogyakarta, terjadi setelah pelawak Marwoto, Kawer dan Susilo Nogroho (pendiri Teater Gandrik) menghidupkan suasana panggung. (2). Penonton semakin riuh saat Yani Sapto Hoedojo, berperan sebagai Nyonya Belanda dari Banyumas, memainkan perannya. (3). Selain mereka , ada pula pemain ketoprak kawakan, Widayat, berperan sebagai bupati. (4). Ada juga Sundari, sang istri, yang luwes dan kenes. (5). Semua pemain dapat memainkan peran dengan mengagumkan.
18.    Kalimat opini dalam paragraf ditunjukkan nomor ….
A.     (1) dan (2)
B.     (2) dan (3)
C.     (3) dan (4)
D.     (4) dan (5)
E.      (1) dan (5)

Perhatikan paragraf persuasi berikut!
(1). Penggunaan pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. (2).  Penggunaan pupuk kimia juga dapat memberikan keuntungan melimpah bagi petani. (3). Namun, dampak negatif ditimbulkan oleh pupuk kimia sangat berbahaya karena dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap lingkungan. (4). Selain itu, penggunaan pupuk kimia juga dapat mengakibatkan buah yang dihasilkan terkontaminasi oleh pupuk kimia. (5). Oleh sebab itu, beralihlah ke pupuk kompos dengan harga terjangkau dan aman bagi hasil panen.
19.    Kalimat imbauan terdapat pada nomor ….
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)
E.      (5)

Perhatikan kutipan wawancara di bawah ini!
Penanya           : “Siswa yang tidak lulus karena faktor apa?”
Narasumber     : “Kebanyakan yang tidak lulus itu satu mata pelajaran karena nilainya di bawah empat, misalnya Bahasa Indonesia. Ini merupakan bahan perenungan juga di kementerian. Kita tahu apakah nilai Bahasa Indonesia bagus atau tidak ya dari ujian ini. Jadi, jangan sampai seperti seseorang yang karena takut sakitnya, tidak usah ke dokter, tidak usah ke laboratorium, kan tidak betul juga. Tahu-tahu sudah parah. Apakah gara-gara tidak lulus 10 persen lantas salah ujiannya? Kalau memang kemampuannya segitu, terus mau diapain? Yang penting alat ukurnya sama, jangan di sini dimodifikasi plus minus 5 persen, di sana plus minus 10 persen sehingga tidak standar. Ya sudahlah kalau memang faktanya begitu, ya sudah.”
20.    Informasi yang dapat diambil dari hasil wawancara tersebut adalah .…
A.  Faktor ketidaklulusan siswa
B.   Kesamaan alat ukur penentu kelulusan.
C.   Nilai Bahasa Indonesia di bawah empat menyebabkan siswa tidak lulus.
D.  Nilai di bawah empat menjadi bahan perenungan di kementerian.
E.   Salah satu nilai pelajaran di bawah empat menyebabkan sisswa tidak lulus.

Perhatikan kutipan wawancara di bawah ini!
Ana     :  “Menurut Anda, bagaimana tingkat kelulusan UN tahun 2014?”
Nana    :  “Angka kelulusan UN pada tahun 2014 sangat memprihatinkan. Tahun ini banyak siswa yang tidak lulus UN.”
Ana     :  “Meningkatnya ketidaklulusan UN disebut karena palaksanaannya lebih jujur. Bagaimana pendapat ANda, Pak?”
Nana    :  “Kejujuran itu ada dalam diri masing-masing. Pemerintah sudah membuat koridor agar semua berlaku jujur. Meskipun tidak menjamin dalam praktiknya jujur, tetapi kita harapkan semua memandang kejujuran sebagai pondasi dan bangunannya adalah prestasi.”
Ana     :  “Bagaimana dengan nasib siswa yang tidak lulus UN?”
Nana    :  “Mereka bisa mengikuti ujuan ulang. Kalau masih tidak lulus mereka masih bisa mengikuti program kesetaraan paket C.”
Ana     :  “……………..
Nana    :  ”Tidak lulus UN jangan sampai membuat kalian patah semangat. Kesempatan masih sangat terbuka untuk semua siswa. Jadikan, ketidaklulusan itu sebagai penyemangat dan pemacu untuk lebih giat belajar.”
21.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog wawancara yang rumpang di atas adalah .…
A.  Faktor apa yang menyebabkan siswa tidak lulus UN?
B.   Apa nasihat Anda  kepada siswa yang tidak lulus UN?
C.   Mengapa mereka tidak lulus UN?
D.  Bagaimana nasib siswa yang tidak lulus?
E.   Mengapa banyak siswa yang putus asa dalam UN?

Perhatikan kutipan wawancara di bawah ini untuk nomor 22 dan 23!
Penanya        :  “Bagaimana Bapak memandang potret dunia pendidikan (sistem, kurikulum, ataupun fasilitas/perangkat) di Indonesia dewasa ini?”
Narasumber  :  “Pendidikan di Indonesia masih bersifat guru dan materi oriented, belum mendorong pesertta didik untuk menguasai ilmu dan mengembangkannya. Memang sudah ada upaya untuk menempatkan kurikulum sebagai bahan mentah pendidikan. Namun, untuk saat ini guru dan pengelola pendidikan belum mampu menjadikan kurikulum sebagai bahan jadi yang tidak membuat peserta didik tumbuh menjadi kreatif. Mereka tidak mampu memecahkan persoalan yang dihadapi kecuali mengulang atau meniru apa yang pernah dipelajari dari guru mereka. Hal itu menjadi lebih buruk lagi ketika fasilitas dan perangkat pendidikan (lunak atau keras) sangat tidak mendukung bagi pengembangan daya kreatif peserta didik dan guru sendiri.”
Penanya        :  ”Dari pengalaman Bapak sejauh ini, apa tantangan terbesar yang dihadapai dunia pendidikan di Indonesia pada era globalisasi dunia sekarang?”
Narasumber  :  ”Persoalan besar dalam dunia pendidikan di Indonesia ialah pemahaman terhadap pendidikan yang dikuasi guru dan pengelola pendidikan hanya sekedar kepada peserta didik, bukan sebagai instrument penegembangan daya kreatif generasi baru dalam menghadapi problemnya sendiri.”
22.    Pendapat narasumber yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut adalah .…
A.  Pendidikan merupakan pengalihan ilmu dari guru kepada peserta didik.
B.   Pendidikan di Indonesia belum mampu mengarahkan peserta didik untuk kreatif.
C.   Pegelola pendidikan hendaknya memperhatikan perkembangan peserta didik.
D.  Ketidakmampuan guru mengelola kurikulum dengan baik menjadi factor utama kegagalan peserta didik menerima bahan ajar secara baik.
E.   Peserta didik hendaknya mengembangkan sendiri materi ajar yang diberikan oleh guru.

23.    Topik yang tepat dalam kutipan wawancara di atas adalah .…
A.  Ketertinggalan pendidikan di Indonesia dan hambatan pelaksanaan kurikulum.
B.   Gambaran dunia pendidikan Indonesia dan hambatan pelaksanaan kurikulum.
C.   Kesulitan guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik dan ketertinggalan pendidikan di Indonesia.
D.  Gambaran dunia pendidikan Indonesia dan tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan di Indonesia.
E.   Kesulitan peserta didik menerima bahan ajar yang disampaikan guru dan potret dunia pendidikan Indonesia.

24.    Pernyataan di bawah ini yang merupakan bagian pembuka teks pidato adalah .…
A.   Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas  karunia-Nya kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.
B.   Saya berterima kasih kepada hadirin yang telah memenuhi undangan kami untuk   berkumpul pada acara ini.
C.   Pertemuan pada siang hari ini bertujuan agar kita peka terhadap krisis budaya yang sedang terjadi di Indonesia.
D.   Melalui kegiatan ini marilah kita selesaikan bersama permasalahan narkoba demi kemajuan bangsa.
E.    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera.

Perhatikan paragraf berikut!
Kebudayaan merupakan identitas dari sebuah bangsa. Budaya merupakan tonggak sejarah untuk kebesaran sebuah bangsa. Bangsa yang besar dan bermartabat adalah bangsa yang dapat menghargai sejarah bangsanya sendiri, termasuk kebudayaannya. Oleh karena itu, sebagai bangsa yang besar sudah seharusnya kita menghargai, mencintai, dan menjaga budaya bangsa agar tidak luntur. Dengan kebudayaan itulah, kita dapat dikenal oleh bangsa lain. Budaya Indonesia yang adiluhung merupakan citra positif bagi manusia Indonesia untuk berkancah di dunia internasional.

25.    Topik kutipan pidato tersebut adalah ....
A.  Fungsi budaya dalam kehidupan sehari-hari
B.   Tujuan sebuah bangsa
C.   Keunggulan budaya Indonesia
D.  Kondisi kebudayaan di Indonesia
E.   Manfaat menjaga kebudayaan Indonesia

Perhatikan kutipan pidato berikut!
Tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Jawa, gamelan juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, marilah kita menjaga warisan budaya tersebut agar tetap ada di bumi nusantara ini. Dalam kegiatan ini, peserta akan dilatih dasar-dasar memainkan gamelan beserta sejarah dan filosofi yang terdapat dalam alat musik tradisional ini.
26.    Kutipan pidato tersebut bertujuan untuk ....
A.  Menjelaskan kepada pendengar bahwa gamelan merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia.
B.   Mengajak pendengar melestarikan warisan budaya tradisional, yakni gamelan.
C.   Menyuruh pendengar untuk memainkan musik tradisional gamelan.
D.  Menasihati pendengar agar menyukai musik tradisional gamelan.
E.   Menginformasikan kepada pendengar bahwa gamelan merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia.
Perhatikan kutipan cerita rakyat berikut untuk soal nomor 27 dan 28!
Ada sebuah negeri yang dipimpin oleh seorang raja yang sombong. Suatu hari raja  tersebut sedang merayakan pesta di singgasananya yang megah. Saat pesta berlangsung muncullah seorang pengemis yang meminta makan kepada sang raja. Namun, sang raja justru menghardik pengemis itu. Pengemis itu pun mengutuk raja tersebut karena sangat geram
Beberapa masa telah berlalu sejak peristiwa itu. Kini sang raja menderita penyakit yang sangat aneh. Tubuh sang raja tidak bisa digerakkan, seluruh tubuhnya menjadi kaku, dan wajahnya sangat pusat. Semua tabib telah didatangkan dari seluruh penjuru negeri, tetapi tidak ada seorang pun yang dapat menyembuhkan penyakit raja. Tabib-tabib tersebut mengatakan bahwa penyakit yang menyerang sang raja adalah penyakit yang aneh dan belum pernah mereka jumpai sebelumnya.
27.    Hal menarik dalam cerita rakyat tersebut adalah ....
A.  Seorang raja mengadakan pesta di istananya.
B.   Ada penegmis yang meminta nasi di tengah pesta sang raja.
C.   Raja menghardik pengemis yang meminta-minta di tengah pestanya.
D.  Tabib mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat penyakit aneh yang diderita  sang raja.
E.   Raja tiba-tiba menderita penyakit aneh setelah dikutuk pengemis.

28.    Nilai moral dalam kutipan cerita rakyat tersebut ditunjukkan oleh pernyataan ....
A.  Mengemis adalah pekerjaan yang tidak mulia.
B.   Sikap sombong tidak akan disukai oleh orang lain sehingga dapat menimbulkan kerugian.
C.   Manusia tidak boleh berfoya-foya meskipun memiliki banyak harta.
D.  Seorang dokter atau tabib harus mampu menyembuhkan penyakit raja.
E.   Manusai tidak boleh menghambur-hamburkan harta mereka untuk hal-hal yang tidak berguna

Perhatikan kutipan cerita rakyat berikut!
Karena sangat sayang kepada Lele Alai, Kumang tidak ingin abu Lele Alai terbuang sia-sia. Ia mengoleskan abu tersebut ke wajahnya sebagai bedak. Sekali lagi, sebuah keajaiban terjadi. Wajah Kumang menjadi bercahaya dan cantik jelita.
Tengkok Dadak yang melihat keajaiban tersebut, langsung merebut abu ikan Lele Alai dari tangan Kumang.
“Sini! Berikan kepadaku!” katanya. Tengkok Dadak segera mengoleskan abu tersebut ke seluruh wajah dan lehernya. Dengan segera wajah, leher, dan tengkuk Tengkok Dadak bercahaya.
“Aku menjadi cantik. Seluruh wajahku bercahaya!” teriak Tengkok Dadak girang. “Pasti tengkukku juga demikian!
”Sambil berkata demikian, Tengkok Dadak memutar kepalanya karena ingin melihat tengkuknya yang bercahaya. Krak!! Ketika menoleh, terdengar suara leher Tengkok Dadak patah.

29.    Watak Tengkok Dadak yang pendengki dibuktikan dengan pernyataan ....
A.     Tengkok Dadak dengan terburu-buru mengoleskan abu Lele Alai ke wajah dan lehernya
B.     Tengkok Dadak merebut abu Lele Alai setelah ia mengetahui bahwa wajah Kumang menjadi bercahaya berkat abu tersebut.
C.     Tengkok Dadak berteriak kegirangan saat mengetahui seluruh wajah dan lehernya bercahaya karena abu Lele Alai.
D.     Setelah melihat wajah dan lehernya bercahaya, Tengkok Dadak ingin melihat tengkuknya yang juga bercahaya.
E.      Ketika ingin melihat tengkuknya, terdengar suara tulang leher Tengkok Dadak patah.
Perhatikan paragraf berikut!
       Di antara berbagai-bagai jenis bintang yang di bawah perintah raja singa itu ada dua ekor serigala yang amat bijaksana, seekor bernama Kalilah dan yang seekor lagi Dimnah. Karena melihat raja tiada pernah keluar-keluar lagi, maka pada suatu hari berkatalah Dimnah kepada Kalilah,”Hai saudaraku, tahukah engkau apa sebabnya, maka raja kita kelihatan berduka cita tidak keluar-keluar dari tempat seperti sehari-hari?”
“Apa gunanya engkau tanyakan hal itu?” jawab Kalilah. “Kita hamba rakyat wajib atas`kita berusaha menyenangkan hati raja, dan menjauhkan segala yang akan menyusahkan kepadanya. Bukan kita orangnya yang patut mencampuri hal raja dan memperkatakannya. Sebab itu, janganlah engkau menanyakan hal itu juga. Ketahuilah, orang senang mencampuri urusan yang bukan urusannya sendiri, serupa halnya dengan kera yang mencampuri pekerjaan tukang kayu.”

30.    Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam cerita rakyat tersebut adalah ....
A.  Melarang Dimnah mengganggu raja mereka yang berduka.
B.   Mengingatkan agar menghibur orang yang sedang berduka.
C.   Mengingatkan Dimnah agar tidak mencampuri urusan raja.
D.  Melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan wewenangnya.
E.   Menyenangkan hati penguasa atau raja mereka.

Penggalan cerita di bawah ini untuk soal nomor 31, 32 dan 33.
Dahulu kala, di tengah-tengah hutan, tinggallah sepasang suami-istri. Mereka adalah Abo Mamongkuroit dan istrinya, putri Monondeaga. Mereka hidup berbahagia karena saling mencinta dan menyayangi.
Suatu ketika, Abo memutuskan untuk merantau, mencari nafkah agar kehidupan mereka menjadi lebih baik. Abo lalu meminta izin kepada istrinya dan istrinya pun merelakan Abo pergi merantau.
“Tetapi, Kanda, jangan terlalu lama. Aku takut hidup sendiri,” pinta Monondeaga. “Jangan khawatir, Dinda. Setelah cukup harta yang kuperoleh, aku  akan segera kembali.”

31.    Latar penggalan cerita tersebut adalah ...
A.  Waktu dan tempat
B.   Waktu dan suasana
C.   Suasana dan waktu
D.  Tempat dan suasana
E.   Tempat dan tempat
32.    Unsur intrinsik  yang menonjol dalam penggalan cerita di atas adalah ...
A.  tema
B.   alur
C.   latar
D.  tokoh
E.   amanat
33.    Amanat dalam penggalan cerita di atas adalah ....
A.  sepasang suami istri harus saling saling mencinta dan menyayangi
B.   sepasang suami istri hendaknya hidup berbahagia
C.   seorang suami harus meminta izin kepada istrinya apabila hendak bepergian
D.  seorang suami hendaknya tidak pergi  terlalu lama
E.   seorang istri hendaknya selalu patuh kepada suami

Perhatikan puisi berikut!
Derai-derai angin pagi
derai hati memandang padi
mengalun hijau lautan
tersungging senyum perawan
....
34.    Indera yang dominan digunakan dalam puisi di atas adalah ...
A.   pendengaran
B.   perasa
C.   penciuman
D.   penglihata
E.    peraba
Perhatikan puisi berikut!

Sebuah truk laskar menderu
masuk kota Salatiga
mereka menyanyikan lagu
sudah bebas negeri kita

35.    Indera yang dominan digunakan dalam puisi di atas adalah ....
A.  pendengaran
B.  perasa
C.  penciuman
D.  penglihata
E.  peraba

Perhatikan puisi berikut untuk soal no 36, 37 dan 38!
Ombak memecah di tepi pantai
angin berhembus lemah lembut
puncak kelapa melambai-lambai
di ruang angkasa awan bergelut

36.    Puisi di atas menggunakan majas ....
A.   hiperbola
B.   personifikasi
C.   repetisi
D.   tautologi
E.    metafora

37.    Tema puisi di atas adalah ....
A.  keindahan alam
B.   keindahan pantai
C.   pemandangan alam
D.  suasana pantai
E.   keindahan laut

38.    Puisi di atas berhubungan dengan realitas ....
A.  Alam
B.   Budaya
C.   Sosial
D.  Ekonomi
E.   lingkungan
Perhatikan puisi berikut untuk soal no 39 dan 40!
            Sajak Ibunda

Dengan latar belakang gubuk-gubuk karton,
aku terkenang akan wajahmu.
di atas deru kemiskinan,
aku berdiri menghadapmu.
usaplah wajahku, Widuri.
mimpi remajaku gugur
di atas padang pengangguran.
Ciliwung keruh, wajah-wajah nelayan keruh,
lalu muncullah rambutmu yang berkibaran
kemiskinan dan kelaparan,
membangkitkan keangkuhanku .
wajah indah dan rambutmu
menjadi pelangi di cakrawalaku
             W.S. Rendra
39.    Isi puisi di atas adalah ....
A.  kehidupan rakyat yang jauh dari kecukupan
B.   seorang ibu yang bersedih karena anaknya miskin
C.   seorang anak meninggalkan ibunya yang menderita
D.  kehidupan seseorang yang penuh dengan keraguan
E.   keangkuhan seseorang karena keberhasilannya
40.    Makna lambang kata keruh dalam puisi tersebut adalah ....
A.  kecewa
B.   sedh
C.   kesepian
D.  keputus asaan
E.   penderitaan


II.          Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Cermatilah paragraf berikut!            
Kapolsek Dolok, Pardamean Andar Siahaan, dikeroyok massa. Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman diserbu gerombolan bersenjata. Empat tahanan dieksekusi. Inilah sebagian potret negeri kita. Kita miris melihat realitas kekerasan yang seakan sudah menjadi sesuatu yang normal di tengah ketidaknormalan kehidupan kita sehari-hari. Premanisme merajalela dan menyebarkan efek ketakutan. Rentetan kekerasan itu sebenarnya mengirimkan pesan keras bahwa Indonesia memasuki era bahaya! Hukum tidak lagi dihormati dan kekuatan lah yang menggantikan hukum dan sistem hukum itu sendiri.

Dari paragraf tersebut tulislah :
a.       Tiga kalimat fakta yang terdapat pada teks tersebut!
b.      Tiga kalimat opini yang terdapat pada teks tersebut!

2.      Susunlah sebuah paragraf persuasif dengan tema “Udara Pagi Menyehatkan Tubuh”!

3.      Susunlah kalimat pembuka pidato dengan tema “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda”!

4.      Di suatu pagi yang cerah ada seorang warga yang akan membeli gas melon kea gen penjualan gas, ternyata harga gas melon mencapai Rp. 20.000,00. Warga tersebut kesal karena harga gas dari hari ke hari semakin meroket, dia berencana akan menanyakan kenaikan harga gas melon ini ke Pertamina.

Buatlah daftar pertanyaan (minimal lima)  yang akan digunakan dalam wawancara tersebut!









5.      Bacalah puisi berikut!
SEORANG TUKANG RAMBUTAN PADA ISTRINYA

Tadi siang ada yang mati
Dan yang mengantar banyak sekali
Ya, mahasiswa-mahasiswa itu, anak-anak sekolah
Yang dulu berteriak: dua ratus, dua ratus!
Samapai bensin turun harganya
Sampai kita bisa naik bis pasar murah pula
Mereka kehausan dalam kepanasan bukan main
Terbakar mukanya di atas bak truk terbuka
Saya lemparkan sepuluh ikat rambutan kita, bu
Biarlah sepuluh ikat saja
Memang sudah rezeki mereka
Mereka berteriak kegirangan dan berebutan
Seperti anak kecil
Dan menyoraki saya. Betul Bu, menyoraki saya
“Hidup tukang rambutan, hidup tukang rambutan!”
(Taufik Ismail)

Tentukan relevansi isi puisi dengan kehidupan sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar