Pilihlah
jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda
silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawaban yang tersedia!
1.
Penutup pidato dengan tema “Gerakan Disiplin Nasional”
yang baiak adalah ....
A.
Demikianlah pidato yang saya dalamm kesempatan ini sampai
jumpa di lain kesempatan.
B.
Sekian dulu pidato saya semoga kita menjadi orang-orang
yang berdisiplin dalam kegiatan sehari-hari.
C.
Sampai di sini dulu penyampaian saya semoga kita tetap
dalam lindungan Tuhan Yang Mahakuasa.
D.
Demikianlah pidato saya semoga gerakan disiplin nasional
dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
E.
Demikianlah pidato saya dengan ucapan terima kasih atas
perhatian serta kesediaan Bapak ibu menyampaikan pidato ini.
Bacalah dengan saksama!
(1) Saudara-saudara
sebangsa dan setanah air, pemerintah telah melakukan berbagai upcaya untuk
meningkatkan pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat dan meningkatkan
mutu pendidikan pada semua jenjang, jalur, dan jenis pendidian. (2) Usaha itu,
merupakan pengembangan seluruh potensi peserta didik agar mampu menguasai ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEK), berakhlak mulia, berbudi luhur, serta
memiliki kesehatan jasmani dan rohani. (3) Sehubungan dengan hal itu, hendaknya
guru dalam proses belajar mengajar mampu memberi inovatif. (4) Berilah
orientasi pendidikan kecakapan hidup (life skill). (5) Sejalan dengan
itu, kegiatan pembelajaran hendaknya dijaga agar tetap dalam suasana
menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan.
2.
Isi pokok kutipan tersebut adalah ....
- Keberhasilan suatu pendidikan sangat bergantung pada kecakapan hidup.
- Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik.
- Peserta didik pada masa datang harus menguasai pengetahuan tekhnologi dan seni.
- Meningkatkan pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat Indonesia.
- Pemerintah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Cermati penggalan teks
pidato berikut!
Dalam
rangka memperingati hari Kesehatan dan Gizi, seluruh warga sekolah harus
berpartisipasi untuk mewujudkan tema yang dicanangkan oleh dinas kesehatan,
yaitu “Manfaat Mutu Makanan yang Bergizi”.
3.
Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi penggalan
teks pidato tersebut adalah ....
- Untuk itu marilah kita beli makanan yang ringan-ringan saja.
- Seyogyanya kita tetap memperhatikan gizi makanan yang kita makan.
- Makanlah makanan yang berkabohidrat tinggi.
- Hendaknya para siswa membawa makanan dari rumah saja.
- Sebaiknya kita beli makanan yang dikemas dalam kaleng saha.
Perhatikan dialog berikut!
Tanya : “.....?”
Jawab : “Harganya terlalu
murah sehingga menyebabkan banyak hal. Pertama, energi non-BBM tidak bisa
dikembangkan. Kedua, pemakaian BBM cenderung boros karena murah. Ketiga, BBM
Indonesia yang murah itu mengundang orang untuk menyelundupkannya ke luar
negeri. Keempat, BBM yang murah menyebabkan pengoplosan sehingga mesin-mesin
yang menggunakannya akan rusak. Ini yang rugi rakyat. Makanya BBM perlu naik
dan ini semata-mata bukan karena masalah defisit APBN.”
4.
Pertanyaan yang paling relevan dengan jawaban di atas
adalah ....
- Mengapa pemerintah harus menaikkan harga BBM?
- Mengapa murahnya harga BBM berpengaruh kepada defisit APBN?
- Permasalahan apa yang ditimbulkan oleh murahnya harga BBM?
- Apakah murahnya harga BBM berpengaruh langsung pada maraknya pengoplosan?
- Kapan kenaikan BBM sebaiknya mulai dilakukan?
Perhatikan daftar
pertanyaan berikut!
(1)
Apakah merokok dapat memecahkan masalah Anda?
(2)
Metode apa yang Anda gunakan untuk menyembuhkan perokok
berat?
(3)
Apakah perbedaan perokok pasif dan perokok aktif?
(4)
Bagaimana rasanya kalau sehari saja tidak merokok?
(5)
Bisa diceriterakan apa yang menyebabkan Anda merokok?
5.
Pertanyaan yang tepat untuk diajukan dalam mewawancarai
dokter adalah ....
- 1 dan 4
- 1 dan 4
- 3 dan 5
- 2 dan 5
- 2 dan 3
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
(1)
Merajuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijiono menyampaikan kenaikan
satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih
kurang 400.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10 persen kepada
pertumbuhan nasional maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan
dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) “Dengan tingkat
pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41 persen maka dapat terserap tenaga kerja
176.000 orang.” Sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan
pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga
kerja.
6.
Ringkasan artikel tersebut adalah ....
A.
Jateng menyumbang sekitar 10 persen kepada pertumbuhan,
berarti menyediakan lapangan kerja untuk 40.000 orang.
B.
Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan
peningkatan tenaga kerja.
C.
Tahun ini tenaga kerja Jateng yang terserap 176.000 dan
itu memberi sumbangan kepada pertumbuhan nasional.
D.
Kenaikan satu persen di Jateng diperkirakan akan terus
meningkat pada tahun-tahun mendatang.
E.
Kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi
nasiolan dan daerah berbeda dalam penyerapan tenaga kerja.
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
(1) Masih banyak guru
yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, Kementerian Pendidikan
Nasional sudah menyiapkan 49 jdul buku digital kecil di Internet. (3) Karena
itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan
buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan
murid, orang tua dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di
samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dari internet
sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.
7.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
Perhatikan wawancara berikut!
Pewawancara : Pak
Ali, Bagaimana pendapat Bapak tentang pengangguran yang banyak terjadi sekarang
ini?
Pak Ali : Mereka yang
menganggur berarti mereka tidak mempunyai pekerjaan apa-apa, sebab lainnya
pengangguran menambah berat beban pembangunan dan kadang-kadang dapat
menimbulkan kriminalitas dan kerawanan politik serta kemiskinan.
Pewawancara : Mengapa mereka menganggur?
Pak Ali : Mereka yang
menganggur adalah orang-orang yang malas, orang-orang yang tidak mempunyai
pendidikan yang cukup (putus sekolah) dan tidak memiliki ketrampilan apa-apa.
Pewawancara : Untuk mengatasi hal itu apa saran Bapak?
Pak Ali : Memperluas
lapangan kerja dan yang terpenting adalah membangun sumber daya manusianya
melalui wajib belajar 9 tahun, latihan-latihan ketrampilan terhadap generasi
muda.
8.
Rangkuman isi jawaban nara sumber ialah ....
- Pengangguran itu pekerjaan orang malas.
- Usaha pembangunan dengan meningkatkan sumber daya manusia.
- Memperluas lapangan kerja dan meningkatkan ketrampilan
- Kenakalan remaja disebabkan oleh pengangguran.
- Pengangguran menjadi beban pembangunan.
Perhatikan wawancara berikut!
Pewawancara : “Menurut
Bapak tantangan apa yang dihadapi Indonesia dalam rangka pengembangan sumber
daya manusia?
Narasumber : “Adanya
kenaikan angkatan kerja yang disebabkan oleh peledakan jumlah penduduk yang
sangat pesat.”
Pewawancara : “Sumber daya manusia ini, Pak, apakah ada
kaitannya dengan masyarakat bisnis di Indonesia.”
Narasumber : “O, ada, ada.
Tetapi memerlukan investasi yang besar dan harus dibiayai oleh masyarakat
bisnis itu sendiri”
Pewawancara : “Apakah
ada ketentuan yang mengatur keterlibatan masyarakat bisnis dalam pengembangan
sumber daya manusia Pak? Kalau tidak keberatan tolong jelaskan, Pak!
Narasumber : ....
9.
Semua jawaban Narasumber seperti tertera di bawah ini
benar, kecuali ....
- Oh, ya ada yaitu pengembangan sumber daya manusia harus dimasukan sebagai program kerja secara bersama-sama.
- Ya, saya jelaskan bahwa sumber daya manusia harus diperlakukan sebagai bagian bisnis yang mendatangkan keuntungan.
- Benar, ada ketentuan yang mengatur masyarakat bisnis dalam pengembangan sumber daya manusia.
- Wah, untuk materi sumber daya manusia ini bukan bidang saya, mungkin akan saya jelaskan lain kali saja.
- Ya, sumber daya manusia ini berhubungan dengan jumlah penduduk yang sangat besar yang harus diberdayakan.
10.
Tema wawancara :
Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja
Pewawancara :
(PW)
Narasumber : (NS) Mantan pengguna narkoba yang telah insyaf.
Pertanyaan
yang bersifat menggali informasi sesuai ilustrasi di atas adalah ....
- Sedihkan orang tua Anda setelah mengetahui Anda pengguna narkoba?
- Apakah sekarang Anda benar-benar telah tobat/insyaf?
- Ceriterakan bagaimama asal mula Anda mulai mengena narkoba?
- Siapa teman Anda yang telah menjerumuskan Anda?
- Dari peristiwa ini apaah Anda dikeluarkan dari sekolah?
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
(1) Menabung di bank
banyak positifnya. (2) Uang yang disimpan aman dari tangan yang tidak
bertanggung jawab. (3) Semakin lama, yang yang ditabung bertambah dan berbunga.
(4) Apabila ingin belanja. Uang tabungan tidak perlu diambil ke bank, cukup
dengan memakai ATM. (5) Yang paling penting, pemilik yang tidak akan kehilangan
uangnya.
11.
Kalimat utama pararaf tersebut terletak pada nomor ....
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (4)
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Dalam merebaknya
penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Servere Acute Respiratory
Sindrome/SARS) dari Negeri Jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis
perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar negeri maupun dari dalam
negeri merosot hingga tingkat sepuluh persen. Demikian kata Publik Relation
Manager Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel,
Anas, ketika dihubungi Kompas di Batam.
12.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
- Dampak penyebaran virus SARS dirasakan oleh para pengusaha.
- Penyebaran virus SARS dari negeri Jiran (Singapura).
- Virus SARS mengancam bisnis perhotelan Singapura.
- Dampak virus SARS terhadap penghuni hotel di Batam.
- Dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan.
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Banyak hektaran lahan
kritis di Kabupaten Magelang. Sebanyak 1.502 hektar termasuk kategori potensial
krisis, 3.342 hektar tergolong agak kritis, 4.177 hektar kritis, dan 1.706
hektar termasuk sangat kritis. Pada kondisi kritis inilah, berarti lahan
tersebut sama sekali tidak ditanami apa pun, memiliki kemiringan sangat curam
dan rawan terkena erosi.
13.
Ditinjau dari letak kalimat utamanya, paragraf tersebut
termasuk jenis paragraf ....
- Deskriptif
- Deduktif
- Campuran
- Naratif
- Induktif
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Tak banyak orang
mengetahui tentang caving. Caving merupakan olah raga yang banyak memiliki
tantangan. Olah raga ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan dilakukan dimana
saja. Caving adalah bagian dari speleogi, yaitu pengkajian ilmu tentang gua
atau penjelajahan gua. Berpetualang dalam gua pada olah raga caving dilakukan
di bawah tanah yang senyap, hanya terdengar gemericik air, memancarkan kesan
mistis sekaligus misterius.
14. Kalimat penjelas yang tidak padu pada paragraf
tersebut terdapat pada kalimat :
A.
Pertama
B.
Kedua
C.
Ketiga
D. Keempat
E.
Kelima
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
(1) Masyarakat Hindu di
Bali mempunyai upacara kematian yang sangat unik dan mempunyai daya tarik
tersendiri bagi wisatawan. (2) Ritual unik ini disebut dengan Ngaben. (3)
Ngaben adalah ritual pembakaran mayat sebagai simbol penyucian roh orang yang
sudah meninggal. (4) Karena dalam pelaksanaannya membutuhkan berbagai
perlengkapan dengan biaya yang cukup besar, tidak semua orang yang sudah
meninggal langsung bisa diaben. (5) Jenazah yang belum diaben biasanya akan
dikubur terlebih dahulu hingga menunggu perlengkapan ngaben siap. (6) Jika
ingin melihat ritual yang sangat unik ini, Anda dapat berkunjung ke Pulau Bali.
15. Urutan kalimat yang tepat untuk paragraf deduktif
berikut adalah ....
A.
1
- 2 - 3 - 4 - 5 - 6
B.
3
- 2 - 1 - 5 - 4 - 6
C.
2
- 3 - 1 - 6 - 5 - 4
D.
6
- 5 - 4 - 1 - 2 - 3
E.
1
- 5 - 4 - 6 - 3 - 2
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Hasil ulangan Bahasa
Indonesia siswa kelas XI IPA 4 adalah sebagai berikut: sebanyak sepuluh siswa
mendapatkan nilai 9,5, duabelas siswa
mendapat nilai 8,00 sedangkan sisanya 4 siswa mendapatkan nilai 7,5. ....
16. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A.
Tidak
semua siswa mempunyai nilai yang sama
B.
Dengan
demikian, dapat dikatakan siswa kelas XI IPA 4 pandai dalam pelajaran Bahasa
Indonesia.
C.
Dengan
demikian jumlah siswa di kelas XI IPA 4 berjumlah 26
D.
Kelas
XI IPA 4 lebih pandai dibanding kelas yang lainnya
E.
Semua
siswa senang pelajaran Bahasa Indonesia.
Cermati paragraf berikut!
Cuaca di luar sangat
buruk. Hujan deras sudah turun sejak pukul sembilan. Anak-anak TK Ceria masih
berada di sekolah. Kini saatnya mereka pulang. Namun, hujan di luar masih cukup
deras. Biasanya, anak-anak menunggu jemputan di depan sekolah. Para guru tidak
tega membiarkan mereka berada di luar kelas. .... meminta anak-anak tetap
berada di kelas.
17. Kata penghubung antarkalimat yang tepat pada paragraf di atas
adalah ....
A.
Akan
tetapi
B.
Selain
itu
C.
Sebaliknya
D.
Oleh
karena itu
E.
Kecuali
itu
Perhatikan
ilustrasi berikut!
Kekuasaan itu selalu nikmat dan
menggoda para penggenggamnya, sehingga para politikus di lingkaran kekuasaan dan di area partai politik berebut kekuasaan
dan pengaruh. Semua seolah terbuai dan
menjadi gila kekuasaan. Praktis politik ala Nicollo Machiavelli yang
menghalalkan segala cara dipergunakan.
18. Peribahasa yang tepat untuk isi paragraf tersebut
adalah :
A. Gajah mati meninggalkan gading, macan
mati meninggalkan belang
B. Kuman diseberang lautan tampak, gajah
dipelupuk mata tak kelihatan
C. Lupa daratan
D. Induk ayam mati dilumbung padi
E. Bagai kerbau di cocok hidung
Perhatikan
penggalan berita berikut!
Titik Pendaki Tersesat Sudah Ditemukan
Boyolali - Tim gabungan SAR Boyolali dan
Klaten berhasil menemukan keberadaan seorang pendaki asal Surabaya yang
tersesat di Gunung Merapi. Korban ditemukan dibawah jurang dekat Pos 2 jalur
pendakian Deles Klaten, Selasa (5/11), sekitar pukul 09.30 WIB. Karena lebih dekat
di Klaten, proses evakuasi akan dilakukan melalui Pos Pendakian Deles oleh Tim
SAR Klaten.
Sebelumnya, Rico Yanuari
bersama dengan delapan rekanya dari Surabaya melakukan pendakian ke Merapi
melalui jalur Selo, Minggu pagi (03/11). Saat turun dari Puncak, kabut dan
hujan deras menghadang, Rico diketahui terpisah dari temanya di Pasar Bubar.
Upaya evakuasi dilakukan sejak Senin malam. SAR Boyolali menerjunkan tiga tim.
Dua tim melakukan penyisiran dari Selo dan satu tim melakukan penyisiran dari
Musuk. Korban yang tersesat merupakan anggota Mapala sehingga sudah
berpengalaman melakukan pendakian.
(dok.timlo.net/nanin)
19. Informasi yang tidak sesuai dengan isi berita di atas adalah ....
A. Tim gabungan SAR Boyolali dan Klaten
berhasil menemukan pendaki yang tersesat
B.
Korban
ditemukan dibawah jurang dekat pos 1 jalur pendakian Deles Klaten.
C. Proses evakuasi akan dilakukan
melalui Pos pendakian Deles oleh Tim SAR Klaten
D. Korban bersama rekannya melakuakan
pendakian ke Merapi melalui jalur Selo, pada Minggu pagi (03/11)
E. Korban yang tersesat merupakan
anggota Mapala sehingga sudah berpengalaman melakukan pendakian
20. Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian
pendaki yang hilang di Merbabu, Taufik (16), pelajar SMP Muhammadiyah X Surakarta. Hingga minggu
(25/6) siang, pencarian belum menampakkan titik terang.
Unsur berita yang ada pada lead artikel di atas adalah ....
A.
What, who, where,
when
B.
What, why, who
C.
What, how, why,
who
D.
What, why, how,
who
E.
What, how, hwo,
where
21. Tema : Kenaikan jumlah sampah seiring dengan
bertambahnya jumlah kebutuhan masyarakat .Rumusan
masalah yang sesuai dengan tema di atas adalah ....
A.
Mengapa
kebersihan kota perlu dijaga?
B.
Bagaimana
cara menjaga kebersihan kota?
C.
Apa
yang perlu diterapkan untuk mengurangi produksi sampah di kota?
D. Apa tindakan Pemerintah terhadap
penurunan produksi sampah?
E.
Apa
penyebab produksi sampah meningkat?
22. Tema proposal : Latihan kepemimpinan OSIS SMA Bangsa.
Kalimat latar belakang dalam proposal
yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah ....
A. Latihan kepemimpinan ini dilaksanakan
oleh OSIS SMA Bangsa dengan memberikan materi kepemimpinan sehingga OSIS SMA Bangsa dapat diteruskan
B. Kepemimpinan merupakan hal mendasar
untuk menjalankan organisasi. Selain itu, penanaman nilai-nilai dasar
kepemimpinan mutlak diperlukan setiap anggota OSIS> Oleh karena itu, OSIS
SMA Bangsa akan mengadakan latihan kepemimpinan
C. Sebagai siswa kebutuhan mendasar
yaitu pendidikan. Pendidikan memberikan ilmu pengetahuan dan penerapan. Namun,
pendidikan tidak akan berjalan seimbang tanpa adanya penanaman nilai-nilai
kepemimpinan. Maka kami pun mengadakan latihan kepemimpinan.
D. Dengan perkembangan zaman yang
semakin pesat, para pelajar perlu diberi landasankuat dalam hal mental.
Tujuannya agar pelajar tidak mudah terpedaya denganhal-hal negatif. Jadi, kami
bermaksud menyelenggarakan latihan kepemimpinan OSIS guna menunjang pendidikan
mental
E. Latihan kepemimpinan OSIS SMA Bangsa
dilaksanakanuntuk mendukung program keahlian dalam bidang kepemimpinan. Ini
berkaitan dengan penanaman nilai-nilai dasar kepemimpinan sehingga pelajar
mampu berdikari.
Kutipan ilustrasi berikut digunakan untuk menjawab
soal nomor 23 dan 24.
OSIS SMA Bakti akan mengadakan lomba futsal antar-SMP
se- Kabupaten Malang dalam rangka ulang tahun sekolah. Acara ini selain untuk
mempererat hubungan antarsiswa, juga mengenalkan SMA Bakti kepada siswa SMP.
23. Tujuan yang tepat digunakan dalam proposal kegiatan
yang sesuai ilustrasi terdapat dalam paragraph ....
A. Kegiatan futsal antar-SMP
se-Kabupaten Malang dilaksanakan untuk memperingati HUT sekolah yang ke-25.
Adapun tujuan kegiatan yaitu mempererat hubungan antarsiswa dan mengenalkan SMA
Bakti kepada siswa SMP.
B. Kegiatan futsal ini diselenggarakan
untuk mempererat silaturrahmi antarsiswa dan mengenalkan SMA Bakti kepada masyarakat
C. Akti, kami mengadakan kegiatan futsal
antar-SMP. Oleh karena itu, kami mohon kepada setiap SMP agar mengirimkan
perwakilannya dalam kompetisi tersebut.
D. Futsal merupakan jenis olahraga yang
saat ini digemari remaja. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, OSIS SMA Bakti
akan mengadakan lomba antar-SMP se-Kabupaten Malang.
E. Untuk mempererat hubungan antar-siswa
dan mengenalkan SMA Bakti kepada siswa SMP, kami akan mengadakan lomba futsal.
24.
Sasaran
yang tepat untuk ilustrasi di atas adalah ....
A.
OSIS
SMA Bakti
B.
OSIS
SMP se-Kabupaten Malang
C.
Siswa
SMA se-Kabupaten Malang
D.
Siswa
SMA Bakti
E.
Siswa
SMP se-Kabupaten Malang
Perhatikan kutipan surat perjanjian
jual beli berikut !
Surat Perjanjian Jual
Beli Tanah
Pada hari ini, Rabu
tanggal 18 April 2013, bertempat di rumah Ade Arinal Zaki yang beralamat di Jalan Digul II Malang telah
diadakan perjanjian jual beli sebidang tanah yang berada di perumahan Singosari
Indah. ..........
25.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi surat perjanjian di atas adalah ....
A.
Perjanjian
ini diadakan oleh :
B.
Perjanjian
ini diadakan tanpa paksaan
C.
Perjanjian
dilakukan bersama-sama
D.
Perjanjian
ini dilakukan dengan baik
E.
Tidak
ada unsur paksaan sama sekali
Perhatikan kutipan Surat kuasa berikut!
Surat Kuasa
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Farhat Adi,
alamat : Jalan Kesuma Ilmu 78, Bandung,
jabatan : Direktur Operasional PT. Bangun Rezeki,
Memberikan kuasa kepada :
nama : Yuliana Kesuma,
jabatan : Wakil Direktur Operasional PT
Bangun Rezeki.
Pihak I memberi kuasa kepada Pihak II untuk menjalankan kewenangan dan
tugas-tugas sebagai direktur selama Pihak I bertugas di Australia. Kewenangan
yang diberikan berlaku pada hari Senin - Sabtu, 9 -14 Januari 2012.
26.
Kalimat
yang tepat untuk menutup Surat kuasa di atas adalah ...
A. Surat kuasa ini kami buat dengan sesungguhnya untuk
dapat digunakan sebagaimana mestinya.
B. Surat kuasa ini kami buat agar dapat dipelajari pihak
bersangkutan.
C. Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
D. Surat kuasa ini kami buat untuk menjadi acuan dokumen
selanjutnya.
E. Surat kuasa ini kami buat berdasarkan keputusan
bersama dan dipegang oleh setiap pejabat.
Perhatikan bagian penutup
surat niaga berikut!
Kami melayani pesanan baik dalam jumlah besar maupun
kecil dengan syarat berlangganan. …… Atas perhatian Saudara kami mengucapkan
terima kasih.
27.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi kalimat surat niaga tersebut adalah ….
A. Di bawah ini kami cantumkan harga produk kami secara
terperinci.
B. Selanjutnya, kami segera mengirimkan barang sesuai dengan permintaan bapak.
C. Dalam membuat kaus kami telah menggunakan peralatan
modern.
D. Kami menjamin bahwa produk kami memiliki kualitas yang
baik.
E.
Kami juga
berusaha untuk memutuskan pelayanan dengan mengirimkan produk dipesan tepat
waktu.
Perhatikan biodata berikut
!
Judul buku : Apresiasi Sastra untuk SMA
Pengarang :
Erna Husnan
Penerbit : Angkasa
Tempat terbit: Bandung
Tahun : 1986
28.
Berdasarkan
data tersebut penulisan daftar pustaka yang benar adalah ....
A.
Ema, Husnan, Apresiasi
Sastra Untuk SMA, Bandung: Angkasa. 1986
B. Husnan, Ema. 1986. Apresiasi Sastra untuk SMA.
Bandung: Angkasa.
C. Husnan, Ema . Apresiasi Sastra Untuk SMA. 1986.
Bandung: Angkasa.
D. Ema, Husnan. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA.
Bandung: Angkasa.
E. Husnan, Ema. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA.
Angkasa: Bandung.
Perhatikan daftar buku berikut!
- Buku Komposisi
ditulis oleh Gorys Keraf diterbitkan oleh Penerbit Nusa Indah di Ende-
Flores tahun 1982.
- Buku Tata Bahasa Indonesia untuk SLA ditulis oleh
Gorys Keraf diterbitkan oleh Penerbit Nusa Indah di Ende- Flores tahun 1980.
29.
Dari
daftar buku di atas, penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….
A.
Keraf, Gorys.
1980. Tata Bahasa Indonesia untuk SLA.
Ende-Flores: Nusa Indah.
________.1982.Komposisi.Ende-Flores: Nusa
Indah.
B.
Keraf, Gorys.
1982. Tata Bahasa Indonesia untuk SLA.Ende-Flores:
Nusa Indah.
________.
1980. Komposisi. Ende-Flores: Nusa
Indah.
C.
Gorys, Keraf.
1980. Komposisi. Ende-Flores: Nusa
Indah
________. 1982. Tata Bahasa Indonesia untuk SLA.Ende-Flores: Nusa Indah.
D. Gorys, Keraf. 1982. Tata Bahasa Indonesia untuk SLA.Ende-Flores: Nusa Indah.
________. 1980. Komposisi. Ende-Flores:
Nusa Indah.
E.
Keraf, Gorys.
1980. Komposisi. Nusa Indah:
Ende-Flores.
________.
1982. Tata Bahasa Indonesia untuk SLA.
Nusa Indah: Ende-Flores.
Cermatilah sumber kutipan
berikut!
Judul : Panduan
Lengkap Menulis Surat Bisnis Modern
Penulis : Ramelan
Penerbit : PPM
Tempat
terbit : Jakarta
Cetakan : 1,
Oktober 2005
Halaman
yang dikutip :
22
30. Penulisan catatan kaki yang benar berdasarkan data di
atas adalah ...
A. Ramelan, Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis Modern
(PPM: Jakarta, 2005), hlm. 2.
B. Ramelan, Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis Modern
(Jakarta: PPM) 2005, hlm 22.
C. Ramelan, 2005, Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis
Modern (Jakarta: PPM), hlm.22
D. Ramelan, Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis Modern
(Jakarta: PPM, 2005), hlm.22.
E. Ramelan, Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis Modern,
2005 (Jakarta: PPM), hlm. 22.
31. Alur/plot yang benar dalam drama secara berurutan
adalah ....
A. Pengenalan, pengembangan, konflik, peleraian,
penyelesaian.
B. Pengembangan, konflik, pengenalan, peleraian,
penyelesaian.
C. Pengenalan, peleraian, pengembangan,
konflik, penyelesaian.
D. Peleraian, pengenalan, pengembangan, konflik,
penyelesaian.
E. Pengenalan, pengembangan, peleraian, konflik,
penyelesaian.
Perhatikan penggalan drama berikut ini untuk soal no. 32 - 33!
Trisno : “Tetapi
kau menolak pernyataan setia kawanku dengan kau. Sudahlah mungkin... Kita
memang tidak harus selalu satu ide.”
Anton :
“Trisi...Tris...Trisno...Trisno!”
Kardi : "Biarkan saja dia
pergi.Kau mau apakan dia ?”
Rini : ”Tapi dia bisa memihak Kepala
Sekolah.”
Kardi : ”Ah,nggak.Biar saja dia
pergi.”
Anton : ”Maaf,Di.”
Kardi : ”Aku
ngerti, mengapa kau tersinggung,tetapi dalam keadaan gawat,kita tak boleh
mengutamakan emosi,demi persatuan kita.”
Rini : ”Kau absurd!”( Rini
bergegas keluar )
32.
Konflik yang terdapat dalam penggalan drama di atas
adalah....
A. Trisno dan Kardi tidak satu ide
B. Trisno dan Anton tidak satu ide
C. Rini dan Trisno tidak satu ide
D. Trisno memihak kepala sekolah
E. Trisno berbeda paham dengan Anton,Kardi dan Rini.
33.
Watak tokah Kardi
pada penggalan drama di atas adalah ....
A. mudah emosi
B. Baik hati
C. Bijak
D. sulit dipahami
E. Absurd
Cermati kutipan drama berikut untuk nomor 34-35 !
Panggung menggambarkan sebuah kamar reot. Di dalamnnya terdapat sebuah
dipan dan dua buah kursi yang sudah rusak pula. Suasana kemiskinanlah yang tampil di
situ.
Istri : (mengharap)
Banyakkah hasil yang kau terima hari ini?
Suami : Bah, kosong sama sekali, seperempat rupiah pun
tak dapat, dan kau bagaimana?
Istri : Ada seorang wanita muda memberi makan
kepada kita.
Suami : Terima kasih moga-moga Tuhan memberkahinya.
Apa yang diberikannya?
Istri : Sepotong roti.
Suami : Kalau begitu, masih adakah simpanan untuk esok
pagi?
Istri : Masih, tetapi hanya untuknya.
Suami : Tak ada yang lain?
Ah, maksudku selain dari roti itu.
Istri : Ada. Sepotong nasihat, supaya jangan membawa anak itu
keluar karena udara terlalu lembab.
34.
Nilai kehidupan
yang digambarkan dalam
keseluruhan isi kutipan drama di atas adalah ....
A. Nilai ekonomi :
Adakah simpanan untuk esok pagi?
B. Nilai moral :
Sepotong nasihat supaya jangan membawa anak ke luar karena udara lembab
C. Nilai sosial :
Seorang wanita memberikan roti
D. Nilai agama :
Ucapan terima kasih dan doa semoga Tuhan
memberkahinya
E. Nilai budaya :
Mengemis sebagai mata pencaharian
35.
Amanat yang dapat kita ambil dari kutipan drama tersebut adalah ....
A. Berharaplah untuk mendapatkan yang lebih
B. Bekerjalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga
C. Hiduplah rukun
dengan orang yang ada disekitar kita
D. Jangan patah semangat agar mencapai hasil yang
maksimal
E. Seorang istri hendaknya memberi motivasi kepada suaminya
Cermati penggalan drama berikut ini !
Rani : ”Hai, apa yang kau lakukan, tampaknya sibuk sekali ?”
Dina : ”Ah, tidak !”
Rini : ”Bagaimana kalau kubantu ?”
Dina : ”Tidak usah.”
Rani : ”Kalau aku bantu cepat selesai.”
Dina : ”Ah, tak usah, biar aku sendiri saja!
36.
Untuk mengungkapkan ekspresi perasaan jengkel terdapat pada ucapan ....
A. Ah, tidak.
B. Bagaimana kalau saya bantu?
C. Tidak usah.
D. Kalau saya bantu cepat selesai.
E. Ah, tidak usah,biar aku sendiri saja!
Cermati penggalan drama berikut ini !
Katri : Engkau sakit Karnen? (Karnen masih
tidak bergerak) Sudah kudapat Minyaknya. Tadi
itu ayahnya Sumiarsi? Bilang apa dia? (Sejurus setelah dilihatnya
pecahan balon lampu di lantai ) Hei,
siapa yang memecahkan balon lampu ini?, berbahaya sekali kalau kena kaki! Ada
apa Tuan tadi marah-marah ?
Karnen : (Tidak bergerak) Bersihkan !
Bersihkan !
37.
Pernyataan yang
tidak tepat sesuai penggalan dialog drama di atas adalah ....
A. Katri marah sehingga memecahkan balon lampu.
B. Tokoh Karnen marah-marah sambil memecahkan balon
lampu.
C. Tokoh Karnen dimarahi Tuan.
D. Tokoh Katri cemas melihat keadaan Karnen.
E. Pertengkaran antara Karnen dengan Katri.
Perhatikan penggalan drama berikut!
Ibu : Sudah
beberapa tahun aku dan anakku seperti kehilangan sesuatu. Apakah ini adalah
kutukan atau hanya mimpi bagi seorang anak untuk bertemu bapaknya? Semenjak
suamiku memutuskan untuk pergi merantau, tinggallah aku dan anakku berdua.
Suamiku berjanji akan datang di penghujung bulan purnama.
Anak : Bu, sudah delapan purnama kita menunggu kedatangan bapak, akankah
ini cuma sekadar penantian, Bu?
38. Dialog tokoh Ibu diucapkan dengan ....
A. Takut dan minta belas kasihan.
B. Sabar dan penuh kepasrahan.
C. Tegar bercampur marah.
D. Tegas dan penuh amarah.
E. Ramah dan minta belas kasih.
Kutipan hikayat berikut untuk soal nomor 39 dan 40.
“Baik tempat ini kuperbuat negeri anakku Sultan Malik
at-Tahir kerajaan.” Sultan Malik as-Saleh pun kembalilah ke istananya. Pada
keesokan harinya Baginda pun memberi titah kepada segala menteri dan hulubalang
rakyat tentera, sekalian menyuruh menebas tanah akan tempat negeri,
masing-masing pada kuasanya dan disuruh Baginda perbuat istana pada tempat
tanah tinggi itu. Sultan Malik as-Saleh pun pikir di dalam hatinya, hendak
berbuat negeri tempat ananda Baginda. Titah Sultan Malik
as-Saleh pada segala orang besar. “Esok hari kita
hendak pergi berburu.” Telah pagi-pagi hari, Sultan Malik
as-Saleh pun berangkat naik gajah yang bermama Perma Dewana. Lalu berjalan
keseberang datang ke pantai.
(Sumber:”Hikayat Raja-Raja Pasai”,Bunga Rampai Melayu Kuno,1952.)
39.
Ciri-ciri hikayat
yang paling menonjol dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....
A. menggunakan
bahasa klise
B. istana
sentris
C. bersifat
tradisional
D. menceritakan
kisah universal manusia
E. bersifat didaktis
40.
Pesan yang
terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah ....
A. Jangan
mudah memerintah bawahan jika bisa dikerjakan sendiri.
B. Jangan
semena-mena terhadap orang yang tidak mampu.
C. Berbuat
baiklah kepada sesama, tentu dapat kebaikan juga.
D. Jangan
mudah mempercayai bawahan.
E. Bersikaplah bijaksana dalam membuat keputusan.
Kutipan
hikayat berikut untuk soal nomor 41 dan 42.
Ada pun negeri Puspa Sari makin ramai penduduknya.
Banyak saudagar yang datang ke situ. Raja Anta Beranta, maharaja Indra Dewa,
menjadi masyghul hatinya, sebab Si Miskin itu sudah menjadi raja besar. Maka
terbetiklah khabar Si Miskin mencari ahli nujum. Maharaja Indra Dewa lalu
menyuruh para ahli nujum mengatakan bahwa anak Si Miskin itu celaka adanya. Si
Miskin termakan fitnah ahli nujum yang curang. Anak-anaknya lalu dibuang dari
negeri. Sesudah pembuangan anaknya, Puspa Sari terbakar dan Si Miskin menjadi
papa semula.
(Sumber:SejarahKesusastraan Melayu Klasik,Jakarta,Erlannga,1991)
41.
Peristiwa yang
mustahil dalam kutipan hikayat di atas adalah ....
A. tidak
suka melihat keberhasilan orang lain
B. pergi
mengunjungi ahli nujum
C. membuang
anak karena percaya pada ahli nujum
D. melakukan
kejahatan untuk mengalahkan musuhnya
E. melakukan
segala cara untuk membuat orang lain sengsara
42.
Kutipan hikayat tersebut
mengandung nilai ....
A. budaya
B. adat
C. sosial
D. edukatif
E. Religi
Bacalah kutipan novel terjemahan berikut dengan
saksama!
Aku pikir aku telah tertidur
beberapa jam karena pengaruh sampanye dan letusan-letusan bisu dalam film itu.
Lalu ketika aku terbangun, kepalaku terasa terguncang-guncang. Aku pergi ke
kamar mandi. Dua dari tempat duduk di belakangku diduduki wanita tua dengan
sebelas kopor berbaring dengan posisi yang sangat tidak karuan, seperti mayat
yang terlupakan di medan perang. Kacamata bacanya dengan rantai manik-manik
berwarna-warni beradu di atas lantai di tengah-tengah etalase, dan sesaat aku
menikmati kedengkianku untuk tidak mengambilnya.
(Dikutip: Dari Sleeping Beauty dan Pesawat Terbang)
43.
Nilai budaya yang
tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang tersirat dalam penggalan novel terjemahan
diatas adalah ....
A. menonton
film
B. mabuk-mabukan
C. dengki
terhadap orang lain
D. minum-minuman
sampanye
E. tidak
peduli terhadap orang lain
Kutipan novel berikut untuk nomor 44-46.
Keberuntungan itu dimulai dari
menghormati diri sendiri dan pekerjaan. Pasar bersih, los-los terpelihara,
kantor dikapur putih. Dan uang kembali mengalir. Orang-orang masih
menghormatinya juga. Dan juga mereka yang dulu pindah ke pasar Kasan Ngali
telah membayar kembali uang karcis. Tidak seorang pun berdalih lagi. Hari itu
kebahagiaan saja yang terjadi. Sakunya penuh. Dan setiap jalan melintas orang
akan terdengar kelinting ringan dari sakunya. Uang-uang logam yang
terguncang-guncang. Paijo mendengar lagi bunyi uang itu sekarang. Akan diberi
tahukannya nanti kepada Pak Mantri. Nanti, biar selesai kerjanya. Ah,
orang-orang pasar itu berbaik hati! Mukanya berseri-seri, sambil tertawa-tawa
ia menarik karcis. Tangannya tidak lagi kaku, mulutnya tidak lagi kelu. Ia
tidak ragu-ragu lagi. Bayar dan dibayarlah. Paijo menarik uang dari orang-orang
yang berjualan di jalan. “Sekarang boleh pergi ke los pasar.
Ditanggung bersih! Teduh! Aman!” Sementara itu
diliriknya rumah Kasan Ngali. Dan di toko itu terjadi keributan.
Kasan Ngali sedang memarahi orang yang berderet antre. Mereka sedang menantikan
giliran untuk mendapat kredit dari Bank Kredit. “Sekarang
sudah bubar! Uang siapa kalian kira! Uang buyutmu! Uang kakekmu! Tidak ada lagi
kredit! Tidak ada uang! Pemerasan!”
(Sumbet:
Kuntowijoyo,Pasar)
44.
Suasana yang
tergambar dalam kutipan novel di atas adalah ....
A. kenyamanan,
keributan
B. menegangkan,
penuh amarah
C. gaduh,
banyak mendengar umpatan
D. menyenangakan,
penuh kegembiraan
E. kegembiraan,kekesalan, dan keributan
45.
Pengarang
menggambarkan watak tokoh Kasan Ngali melalui ....
A. cara
tokoh berbicara
B. pikiran
tokoh
C. tingkah
laku tokoh
D. dialog tokoh dengan tokoh
lain
D. penggambaran langsung oleh pengarang
46.
Amanat yang
paling tepat berdasarkan kutipan novel di atas adalah ....
A. Keberuntungan
diperoleh jika menghormati diri sendiri dan pekerjaan.
B. Antrelah
dengan tertib agar suasana tenang.
C. Jangan
pinjam uang kepada rentenir.
D. Jagalah
kebersihan lingkungan agar terjaga kesehatan.
E. Pungutlah
karcis dari pedagang dengan senyuman.
Bacalah kutipan resensi berikut dengan saksama!
Judul buku :
Cau Bau Can
Pengarang :
Remy Sylado
Penerbit : KPG ( Perpustakaan Populer Gramdia)
Cetakan :
ketiga, Januari 2001
Halaman : 404
Tinung adalah tokoh perempuan yang bernasib buruk
karena ia menjadi PSK. Dia gadis Betawi yang buta huruf dan tidak bersekolah.
Begitu juga dengan Mpok Jene (ibunya) dan Uking (ayahnya). Mereka keluarga buta
huruf dan bodoh. Di usia 14 tahun, Tinung dinikahi oleh lelaki tua yang
mempunyai empat istri. Bang Obar (suami Tinung) mati ditelan laut. Akibatnya,
Tinung hidup menjanda, hamil dan keguguran.
47.
Unsur yang tidak
ada dalam resensi di atas adalah ....
A. sinopsis
B. judul
buku
C. halaman
D. keunggulan
E. Penerbit
Bacalah kutipan resensi berikut dengan saksama!
Dalam buku Kebenarandan
Dusta dalam Sastra karya Radhar Panca Dahana diungkapkan, bahwa kita tidak
dapat mengklaim seorang penyair yang mengekspresikan dirinya melalui puisi
merupakan kebenaran. Begitu juga kita tidak dapat menganggap apa yang
diceritakan seorang novelis dalam ceritanya adalah sebuah dusta. Karena dapat
saja apa yang ditulis oleh seorang penyair dalam puisinya, apa yang ditulis
seorang pengarang dalam novelnya merupakan kebenaran. Kebenaran dari apa yang
diamatinya dari pengalaman, kebenaran dari apa yang diamatinya dari lingkungan
sekitar, bahkan kebenaran dari apa yang dialaminya sendiri dalam perjalanan
hidupnya.
Seorang penyair dalam puisi mbelingnya
mengkritik dan mencaci sang penguasa tidak bisa dikatakan sebagai seorang
penyebar propaganda. Seorang pengarang yang menceritakan sebuah kekejaman dalam
novelnya bisa dikatakan adalah sebuah kebenaran adanya. Karena kebenaran sastra
adalah kebenaran itu sendiri, yaitu dunia reka atau imaji.
(Sumber:http:/hanyaudin.blogspot.com/2005/12/kebenaran-dan-dusta-dalam-sastra.html.)
48.
Pernyataan yang
sesuai dengan kutipan resensi adalah ....
A. Segala
hal yang diungkapkan penyair merupakan suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
B. Peristiwa
yang diceritakan novelis dalam karyanya merupakan dusta dan tidak dapat kita percaya sebagai realitas.
C. Kebenaran
yang diungkapkan penyair atau pengarang merupakan kebenaran berdasarkan pengamatan penulis.
D. Penyair
yang menulis puisi untuk mengkritik pemerintah merupakan penyair yang
menyebarkan propaganda.
E. Seorang pengarang yang menceritakan sebuah kekejaman
dalam novelnya bisa dikatakan sebuah kebenaran adanya.
Cermati
ilustrasi berikut!
Novel Memory in
Sorong mengisahkan seorang gadis (Ajeng) mengemban misi “penyelamatan
keluarga” setelah tahu bahwa ibunya (Retno) ditinggal kawin lagi oleh ayahnya
(Himawan). Sambil menjalankan tugas sebagai jurnalis televisi, Ajeng terbang ke
Sorong untuk mencari Anneke-selingkuhan sang ayah.
Penyajian alur cerita terasa
sangat biasa sehingga membaca novel ini tidak memberikan sesuatu yang mendorong
keingintahuan pembaca tentang peristiwa-peristiwa berikutnya. Dengan kata lain,
pembaca seakan bisa menebak kisah-kisah yang akan dilakukan si tokoh sebagai
lazimnya “perselingkuhan”.
49.
Kalimat resensi
yang menyatakan kelemahan dalam novel Memory in Sorong adalah ....
A. Misi
jurnalis dalam cerita sesuatu yang sudah biasa dalam kehidupannya.
B. Pengarang
tidak mengakhiri ceritanya, tetapi menyerahkan kepada pembaca.
C. Alur
cerita terasa biasa dan si pembaca mudah menebak kelanjutan ceritanya.
D. Kisah
yang diungkap dalam cerita memberi kesan mengulang cerita lama.
E. Pengarang seakan kehilangan bahan untuk melanjutkan peristiwa
dalam cerita.
Cermati ilustrasi berikut!
Cerpen “Sukri Membawa Pisau
Belati” karya Hamzad Rangkuti merupakan cerpen yang menarik dan asyik untuk
dibaca. Sajian peristiwa dalam cerpen tersebut menggunakan alur sorot balik.
Penggunaan alur sorot balik tidak disadari oleh pembaca. Hal tersebut
dikarenakan peristiwa yang terjadi dalam cerpen hanya dalam khayalan pelaku
(Sukri) yang mempunyai watak sangat cemburu kepada kekasihnya (Sumarni).
Pembaca dibawa oleh pengarang pada peristiwa yang sangat hidup. Saat membaca
cerpen tersebut, pembaca seakan-akan hadir menyaksikan peristiwa dalam cerpen.
Di samping itu, bahasa pengarang mudah dipahami. Pengarang menyampaikan dengan
baik alur cerita yang penuh dengan konflik batin sang tokoh (Sukri).
(Sumber:http/tulisansangamatir.blogspot.com/2012/05/modul-cerpen-dan-resensi.html)
50.
Kalimat resensi
yang tepat sesuai dengan data dalam paragraf tersebut yang berupa keunggulan cerpen adalah ....
A. Pendeskripsian
peristiwa dalam cerpen “Sukri Membaca Pisau Belati” terkesan nyata.
B. Sukri
dalam cerpen dilukiskan sebagai tokoh yang sangat pencemburu.
C. Hamzad
Rakuti adalah seorang pengarang cerpen yang sukses.
D. Khayalan
Hamzad Rangkuti membuat keingintahuan si pembaca.
E. Konflik-konflik
dalam cerpen merupakan konflik yang sangat lazim dalam kehidupan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar